Pemkab Kapuas salurkan bantuan bagi warga terdampak angin kencang

id Penjabat Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, Kapuas, kalteng

Pemkab Kapuas salurkan bantuan bagi warga terdampak angin kencang

Pj Bupati Kapuas Elin Hardi didampingi Sekda Kapuas Septedy dan sejumlah Kepala OPD terkait saat memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak musibah angin kencang, Rabu (8/11/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi menyalurkan secara langsung bantuan kepada masyarakat di kabupaten setempat yang terdampak musibah angin kencang, Rabu (8/11).

Pemberian ini karena ada beberapa rumah masyarakat di Jalan Cilik Riwut dan Desa Pulau Telo Baru yang diterjang angin kencang, kata Erlin di sela-sela penyaluran bantuan di Kuala Kapuas.

"Jadi, semoga bantuan yang kita salurkan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi warga yang terdampak musibah angin kecang," ucapnya.

Sebelum memberikan bantuan, dirinya terlebih dahulu meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kapuas, agar mendata warga yang terkena musibah angin kencang tersebut. Dari data tersebut Pemkab Kapuas menyediakan sekaligus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak, sebagai upaya meringankan beban akibat musibah angin kencang.

Dia pun berpesan, dengan adanya musibah yang terjadi ini, warga di Kapuas yang ingin membangun rumah, agar memperhatikan kekokohan bangunannya, terlebih sisi konstruksinya bisa lebih dikuatkan.

"Yang namanya musibah ini tidak ada yang tahu kapan terjadinya, tentunya juga tempat yang terbuka menjadi faktor yang bisa menyebabkan tekanan angin semakin kuat terjadi dan mengakibatkan dampak yang dapat merusak bangunan," kata Erlin.

Pj Bupati Kapuas itu juga mengimbau kepada warga untuk tetap waspada terhadap cuaca yang saat ini sudah memasuki musim penghujan rawan akan angin kencang di serta petir.

"Jadikan musibah angin kencang yang dialami beberapa warga sebagai pengingat dan meningkatkan kewaspadaan. Kita memang tidak bisa terhindar dari musibah, tetapi kita bisa mencegah dengan meningkatkan kewaspadaan," demikian Erlin.

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas minta optimalisasi dua intervensi dalam penanganan stunting

Baca juga: Ratusan warga antusias ikuti gowes bersama Pj Bupati Kapuas

Baca juga: Pemkab Kapuas segera menerapkan aplikasi tambahan penghasilan pegawai

Baca juga: Pemkab Kapuas beri dana hibah anggaran untuk KPU dan Bawaslu