Pemuda Kalteng diajak terus kembangkan diri dan lebih peka terhadap kondisi sosial

id hari pahlawan, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Abdul Razak, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

Pemuda Kalteng diajak terus kembangkan diri dan lebih peka terhadap kondisi sosial

Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak menabur bunga di pusaran salah seorang pahlawan nasional di TMP Sanaman Lampang Palangka Raya, Jumat (10/11/2023). ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak mengajak para pemuda di provinsi setempat, agar memaknai peringatan Hari Pahlawan dengan terus mengembangkan potensi diri, lebih peka terhadap kondisi sosial dan kemanusiaan, dan mengharumkan nama bangsa. 

Perjuangan para pahlawan yang rela mati demi mengusir penjajah dan kemerdekaan Republik Indonesia harus terus menjadi penyemangat para generasi muda, kata Abdul Razak di Palangka Raya, Jumat.

"Bentuk perjuangan memang berbeda dengan apa yang dilakukan pahlawan jaman dahulu. Tetapi semangat dan motivasinya sama, yakni mewujudkan kemerdekaan yang sesungguhnya," ucapnya.

Menurut Politisi senior Partai Golkar itu, para generasi muda di negara ini, terkhusus di Kalteng, harus memahami bahwa semangat perjuangan para pahlawan kala itu bukan hanya berkorban, namun juga mengesampingkan keinginan maupun kepentingan pribadi. Hal itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dia mengatakan, apabila diartikan zaman sekarang, maka generasi muda dapat menghayati semangat perjuangan itu dengan terlibat aktif menjaga persatuan dan kesatuan, berkontribusi nyata dalam memajukan pembangunan di Indonesia.

"Apalagi negara kita telah memasuki masa pemilihan presiden, legislatif dan kepala daerah. Jadi kita, terkhusus generasi muda harus menjaga agar proses demokrasi berjalan baik dan menghasilkan pemimpin bangsa yang kita harapkan bersama," kata Abdul Razak.

Sebelumnya, Abdul Razak turut hadir dalam upacara dan ziarah sekaligus tabur bunga di pusaran pada Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang, Jalan Tjilik Riwut Km. 2,5 Palangka Raya. Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tersebut dipimpin Komandan Korem (Danrem) 102/Panju Panjung Brigjen TNI Bayu Permana.

Baca juga: DPRD Kalteng optimis kehadiran TransNusa berdampak positif terhadap perekonomian

Terlihat turut hadir Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng Undang Mugopal, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, Kepala OPD dan Kepala Instansi Vertikal di lingkup Pemprov Kalteng serta Veteran.

Danrem 102/ Panju Panjung Brigjen TNI Bayu Permana saat diwawancarai mengatakan Upacara ini menjadi momen penting untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang bagi kemerdekaan dan kemajuan bangsa.

"Kami berharap momentum ini dapat dijadikan untuk meningkatkan kesadaran kita, agar lebih mencintai Tanah Air khususnya kepada anak muda saat ini," demikian Bayu.

Baca juga: Optimalkan peran pengusaha lokal Kalteng dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng dukung kelanjutan pembangunan kantor MUI

Baca juga: APBD 2024 Kalteng diperkirakan Rp6,1 triliun