DPRD Kalteng minta penyediaan anggaran olahraga proporsional

id UCI MTB 2023, UCI MTB, Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah, Siti Nafsiah, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta penyediaan anggaran olahraga proporsional

Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Siti Nafsiah. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Siti Nafsiah menegaskan bahwa pihaknya, memberikan dukungan penuh kembali dilaksanakannya Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Championship 2023 di Kota Palangka Raya.

Kejuaraan sepeda tingkat dunia itu memberikan dampak positif terhadap upaya memperkenalkan atau mempromosikan berbagai potensi pariwisata dan produk UMKM yang ada di provinsi ini, kata Siti Nafsiah di Palangka Raya, Jumat.

"Sekarang ini tinggal bagaimana pelaksanaannya dipersiapkan secara matang dan lebih baik dari sebelumnya. UCI MTB diselenggarakan di Palangka Raya kan sudah pernah, Jadi, harus lebih baik dari sebelumnya," ucapnya.

Meski begitu, dirinya berharap pemerintah daerah, khususnya provinsi, dalam menyediakan anggaran olahraga, tetap mempertimbangkan proporsional dan keseimbangan. Sebab, bila dilihat pelaksanaan UCI MTB dari pertama pelaksanaan hingga kali kedua ini, anggarannya relatif sangat besar.

"Padahal, ada juga cabang olahraga lainnya yang memerlukan anggaran dari pemda yakni, dayung. Cabor Dayung ini sering berprestasi di tingkat nasional, bahkan internasiola. Perlu juga diberikan anggaran yang relatif besar. Tidak hanya UCI MTB," kata Nafsiah.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Gunung Mas itu memastikan bahwa dirinya tidak keberatan terkait besarnya anggaran pelaksanaan UCI MTB. Hanya, pemda perlu juga memberikan perhatian terhadap pengembangan cabor lain, terutama yang berhasil menciptakan atlet berprestasi dari provinsi ini.

"Seperti sedari awal saya sampaikan, kami pada dasarnya mendukung penuh kembali dilaksanakan UCI MTB di Palangka Raya. Tinggal bagaimana pemda dalam menyediakan anggaran olahraga, tetap proporsional. Itu saja," demikian Siti Nafsiah.

Baca juga: Sirkuit UCI-MTB Championship 2023 sajikan rintangan tikungan tajam

UCI MTB Eliminator World Championship 2023 di Kota Palangka Raya dijadwalkan berlangsung pada tanggal 12 November 2023. Kejuaraan tingkat dunia itu akan difokuskan di area halaman stadion Tuah Pahoe, di Jalan Tjilik Riwut KM 5, Kota Palangka Raya.

Sebelum pelaksanaannya, Pemprov Kalteng juga menggelar Bersepeda Gembira di Palangka Raya. Kegiatan itu untuk mengajak masyarakat di provinsi setempat menyaksikan UCI MTB, sekaligus mendorong semangat bersepeda demi terjaganya kesehatan.

Baca juga: Lima atlet UCI-MTB tiba di Palangka Raya

Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan Bersepeda Gembira sambut kejuaraan dunia UCI MTB

Baca juga: Kejuaraan dunia UCI-MTB sudah 90 persen siap digelar di Palangka Raya