PT SLK ajak generasi muda Kalimantan Tengah memacu kemampuan literasi

id pt sks listrik kalimantan, pt slk, festival literasi dan sosiologi 2023, disperpusip kalteng, upr kalteng, kemampuan literasi, literasi dalam dunia ke

PT SLK ajak generasi muda Kalimantan Tengah memacu kemampuan literasi

Head CSR PT SKS Listrik Kalimantan, Dorothea Stallhani Jasi berbagi pengalaman tentang pentingnya literasi dalam dunia kerja saat menjadi narasumber dalam talkshow pada Festival Literasi dan Sosiologi 2023, Palangka Raya, Kamis (9/11/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
PT SKS Listrik Kalimantan (SLK) mengajak generasi muda di Provinsi Kalimantan Tengah untuk terus memacu kemampuan literasi yang dimiliki sehingga semakin berdaya saing.
 
Adapun salah satu yang dilakukan PT SLK adalah dengan turut berpartisipasi menyukseskan gelaran Festival Literasi dan Sosiologi 2023 yang diselenggarakan di areal Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya.
 
"PT SLK sangat mendukung agar generasi muda kita memiliki kemampuan literasi yang baik, karena ini akan sangat diperlukan serta menunjang dalam dunia kerja maupun kegiatan pembangunan lainnya," terangnya.
 
Literasi dapat diartikan sebagai suatu kemampuan, baik dalam menulis, membaca, keterampilan ataupun kemampuan seseorang dalam mengolah suatu informasi dan pengetahuan menjadi kecakapan dalam hidup.
 
"Dalam Festival Literasi dan Sosiologi ini, saya mewakili PT SLK berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki kepada adik-adik mahasiswa, maupun tentang manfaat yang saya dapat dengan berliterasi," terangnya.

Baca juga: "SLK Milik Kita Bersama" PLTU terbuka untuk mahasiswa belajar
 
Jasi pun memaparkan tentang pentingnya literasi dalam dunia kerja. Di antaranya bermanfaat dalam menganalisa, mengevaluasi, hingga mencipta.
 
"Kemampuan analisa ini akan mendukung kita dalam berinovasi maupun berkomunikasi. Dan semua ini merupakan pembelajaran secara berkelanjutan," terangnya.
 
Dia menyampaikan, dukungan PT SLK terhadap optimalisasi budaya literasi ini, juga sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) yang pihaknya miliki khususnya di bidang pendidikan.
 
Berbagai dukungan dan partisipasi PT SLK dalam pembangunan bidang pendidikan di antaranya sosialisasi dan pencegahan bahaya narkoba, SLK mengajar, donasi untuk pendidikan, hingga peningkatan kapasitas bagi para guru.
 
PT SKS Listrik Kalimantan merupakan perusahaan penyedia tenaga listrik yang mengoperasikan IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2 x 100 MW di Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Baca juga: Gelorakan semangat olahraga, PT SLK selenggarakan PLTU Kalteng-1 Volley Tournament

Baca juga: PT SLK apresiasi suksesnya penyelenggaraan kontes modeling tingkat desa di Gunung Mas

Baca juga: Gerakan nyata PT SLK bantu masyarakat dalam berbagai sektor pembangunan