Legislator minta Pemkot Palangka Raya benahi fasilitas pasar tradisional

id Nenie A Lambung,DPRD Palangka Raya

Legislator minta Pemkot Palangka Raya benahi fasilitas pasar tradisional

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kondisi sejumlah pasar tradisional di Kota Palangka Raya kini cukup memprihatinkan sebab fasilitas pendukungnya membutuhkan pembenahan secara maksimal.

Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya Nenie A Lambung, meminta Pemkot Palangka Raya segera memprogramkan pembenahan fasilitas pasar tradisional. Sehingga para penjual dan pedagang merasa lebih nyaman berada di pasar tersebut.

Pasar tradisional merupakan salah satu penggerak roda perekonomian daerah. Maka fasilitasnya perlu dibenahi dan dilengkapi,  kata Nenie di Palangka Raya, Selasa.

Menurut Nenie, sejauh ini masih ada pasar tradisional yang terkesan kumuh dan semrawut. Sistem pembuangan air dan pengelolaan limbah pasar tersebut belum tertata dengan baik. Akibatnya, para pedagang dan pembeli tidak merasa nyaman di pasar tersebut. Jika dibiarkan berlarut-larut, maka lambat laun masyarakat akan meninggalkan pasar tersebut. 

"Sebab, masyarakat akan malas berbelanja di sana, lantaran situasinya tidak nyaman," kata Politisi PDIP itu.

Nenie menyarankan Pemkot Palangka Raya memanfaatkan program nasional, atau menyisihkan anggaran untuk membenahi pasar tradisional. Sehingga pasar tradisional menjadi tempat yang nyaman untuk bertransaksi.