Disdik tingkatkan kompetensi guru di Palangka Raya

id Disdik Palangka Raya,Pemkot Palangka Raya, Kurikulum Merdeka,Palangka Raya

Disdik tingkatkan kompetensi guru di Palangka Raya

Penerapan kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Pertama (SMP). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan kompetensi guru dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada setiap guru yang ada di daerah itu.

"Peningkatan kompetensi guru ini diharapkan bisa memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar, yakni Implementasi Kurikulum Merdeka jenjang Taman Kanak-kanak (TK) 2023," kata Jayani di Palangka Raya, Rabu.

Hal ini juga sejalan dengan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikburistek) yang telah mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Ini juga sinergitas visi dan misi wali kota dalam dunia pendidikan, melalui Smart Society dan Smart Environment

Selain itu, Dinas Pendidikan selalu berkomitmen dalam peningkatan mutu dan kualitas serta kuantitas pendidikan, salah satunya melalui melaksanakan bimtek peningkatan kompetensi guru.

Ia menuturkan, bimtek itu merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar dan Berkarya.

Jayani mengungkapkan, Dinas Pendidikan mendukung guru mengajar Platform Merdeka Mengajar dengan menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Saat ini tersedia lebih dari 2.000 referensi perangkat mengajar berbasis Kurikulum Merdeka.

"Ini akan membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik," bebernya.

Mantan Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya menekankan, panduan implementasi Kurikulum Merdeka dan modul-modul pelatihan akan disediakan dalam flashdisk bagi satuan pendidikan dan pendidik yang kesulitan untuk mengakses internet. Jadi peserta tidak perlu khawatir.

Platform Merdeka Mengajar juga memberikan kesempatan yang setara bagi guru, untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapanpun dan di manapun.

"Guru dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri. Melalui video inspirasi, guru bisa mendapatkan berbagai video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas," demikian Jayani yang juga mantan Kepala SMPN-1 Palangka Raya itu.