Pemkot Palangka Raya diminta segera pangkas pohon rawan tumbang

id DPRD Palangka Raya,Wahid Yusuf ,Pohon tumbang

Pemkot Palangka Raya diminta segera pangkas pohon rawan tumbang

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Wahid Yusuf meminta pemerintah kota (pemkot) di daerah setempat untuk segera memangkas pepohonan yang rawan tumbang yang bisa membahayakan masyarakat.

"Misalnya pohon-pohon yang berada di protokol jalan raya, pemukiman warga serta beberapa titik yang sering dilewati masyarakat untuk mencegah terjadinya korban jiwa dari kejadian itu," kata Wahid Yusuf di Palangka Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, selama ini memang pihak pemkot setempat sedang ada melakukan eksen terkait hal tersebut. Namun tidak ada salahnya pihaknya terus mengingatkan agar instansi terkait gencar melakukan pemantauan.

Dengan pemantauan tersebut mereka bisa memploting mana saja pohon yang akan segera dipotong dan pama yang harus dilakukan pemeliharaan, agar ketika musim hujan dan disertai angin kencang pohon tersebut tidak tumbang.

"Masyarakat sebaiknya juga segera melaporkan terkait hal itu, jangan sampai menunggu instansi terkait untuk melakukan hal tersebut. Karena petugas tidak hanya mengurusi terkait hal tersebut saja, maka dari itu peran aktif masyarakat juga sangat diharapkan pihaknya," ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan, sampai saat ini memang belum ada laporan masyarakat terjadi pohon tumbang yang memakan korban.

Bahkan instansi terkait juga sering melakukan patroli dan memantau terkait hal tersebut, untuk mengantisipasinya persoalan tersebut tidak terjadi.