Kontingen Kobar diminta optimal tampil di Pekan Daerah KTNA

id Kafilah Kobar diminta optimal tampil diPekan Daerah Petani Nelayan, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, ktna

Kontingen Kobar diminta optimal tampil di Pekan Daerah KTNA

Penjabat Bupati bersama Ketua DPRD Kabupaten Kobar saat melepas secara simbolis kontingen Kabupaten Kobar yang akan mengikuti kegiatan Pekan Daerah Petani Nelayan XIII di tingkat Provinsi Kalteng di Kabupaten Sukamara, Jumat (17/11/2023) ANTARA/HO-Istimewa

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa memberangkatkan kontingen daerah setempat yang akan mengikuti Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2023 di Kabupaten Sukamara.

"Pekan daerah petani nelayan merupakan event yang rutin dilaksanakan oleh pemerintah provinsi setiap tiga tahun sekali," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Jumat.

PEDA KTNA XIII Kalteng dilaksanakan di Desa Natai Sedawak, Kabupaten Sukamara, pada tanggal 19 hingga 24 November 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh peserta dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Tengah.

Dia berharap, pada kegiatan ini peserta dari Kabupaten Kobar dapat memberikan dan menunjukkan yang terbaik dalam mengikuti setiap kegiatan tersebut.

"Saya yakin kontingen ini adalah orang orang pilihan, saling berinteraksi mencari informasi, baik itu dalam teknologi budidaya, pengolahan maupun pemasaran, sehingga melalui kegiatan ini para peserta sekalian memperoleh ilmu dan pengetahuan serta keterampilan yang baru dan dapat membagikannya dengan petani lainnya," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Kobar siapkan puluhan transportasi bagi kafilah MTQH tingkat Kalteng

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kobar Kris Budi Hastuti mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yaitu sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kemandirian kontak tani nelayan sebagai pelaku utama sistem penyuluhan pertanian dan pelaku usaha agribisnis.

Melalui kegiatan ini tentunya juga sebagai upaya meningkatkan hubungan kemitraan usaha dan jaringan agribisnis antara peserta dengan pengusaha di bidang agribisnis, serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan penguasaan teknologi dan pemasaran.

"Kegiatan dilaksanakan selama tujuh hari mulai tanggal 19 sampai 24 November 2023," demikian Kris Budi Hastuti.

Baca juga: Kafilah tuan rumah MTQH Kalteng tidak dibebani target juara

Baca juga: Bawaslu Kobar tertibkan APS melanggar aturan

Baca juga: Pemkab Kobar akan hidupkan kembali PD Agrotama Mandiri