Tiga daerah rawan gangguan Pemilu 2024 di Kalteng

id Polda Kalteng,rawan gangguan Pemilu ,Pemilu 2024,Humas Polda Kalteng,Erlan Munaji

Tiga daerah rawan gangguan Pemilu 2024 di Kalteng

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menambah personel pada tiga daerah yang dianggap rawan gangguan keamanan dan ketertiban saat Pemilu 2024.

Kepala Bidang Humas Polda Kalteng Komisaris Besar Polisi Erlan Munaji di Palangka Raya, Senin, mengatakan tiga daerah yang masuk kategori rawan terjadi gangguan kamtibmas pemilu adalah Kabupaten Kotawaringin Barat, Seruyan, dan Barito Timur.

"Penambahan personel pada tiga daerah itu bertujuan melakukan pengamanan guna menekan gangguan kamtibmas jelang pemilu," kata Erlan tanpa merinci jumlah tambahan personel yang ditempatkan pada daerah rawan.

Dia menuturkan tahapan pengamanan untuk mendukung suksesnya pemilu serentak sudah mulai dilaksanakan.

Polda Kalteng sudah melakukan pengamanan tahapan pemilu, salah satunya menempatkan personel di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) daerah setempat.

Penempatan personel tersebut bertujuan menjamin rasa aman dan nyaman bagi penyelenggara pemilu yang tahun ini hingga tahun depan akan bertugas.

"Di masing-masing polres jajaran juga terus menggiatkan jam patroli kewilayahan mereka, patroli bertujuan untuk menekan terjadinya gangguan kamtibmas," ucapnya.

Seperti yang telah diketahui, untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024, Polda Kalteng bersama TNI dan instansi terkait telah mengerahkan 1.988 personel gabungan.

Pengarahan pasukan ditandai dengan dimulainya Operasi Mantap Brata Telabang 2023-2024 pada 10 Oktober 2023.

Bahkan personel yang telah dilibatkan tidak hanya siap secara badan saja melainkan secara armada serta hal-hal yang mendukung juga sudah dipersiapkan dengan matang jauh-jauh hari.