Penjabat Bupati Sukamara sebut pentingnya pelibatan generasi muda pada pertanian

id pemkab sukamara, peda ktna sukamara, pekan daerah, nelayan, petani, penjabat bupati kaspinor, sukamara

Penjabat Bupati Sukamara sebut pentingnya pelibatan generasi muda pada pertanian

Penjabat Bupati Sukamara, Kaspinor bersama Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Kalteng Yuas Elko serta unsur Forkopimda saat penutupan Peda KTNA XIII di Sukamara, (24/11). (ANTARA/Donefrid Lalang)

keterlibatan kaum milenial di bidang pertanian sangat dibutuhkkan agar menjamin keberlanjutan hasil pangan atau pertanian dalam skala luas dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, kedaulatan dan kemandirian pangan berkelanjutan
Sukamara (ANTARA) -
Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor menyambut baik suksesnya pelaksanaan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) XIII Kalimantan Tengah sejak 19-24 November 2023.
 
"Selama lima hari tanpa henti telah berbagi pengalaman, bertukar teknologi dan informasi, serta jejaring kemitraan dan pemasaran dan saling berdiskusi bersama," katanya di Sukamara, Sabtu.
 
Melalui berbagai kegiatan tersebut, tentunya untuk mencapai satu tujuan yaitu mewujudkan ketahanan, kedaualatan dan kemandirian pangan berkelanjutan hingga muaranya yakni meningkatkan kesejahteraan petani.
 
“Sungguh membahagiakan sekaligus membanggakan, karena selama kegiatan berkumpul kurang lebih 648 orang petani dan nelayan andalan dari semua kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah,” ucapnya.
 
Dia mengatakan, Peda KTNA kali ini sengaja mengambil tema yakni memantapkan potensi komoditas unggulan lokal untuk mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan menuju Kalteng semakin Berkah.
 
“Ini merupakan refleksi diri sekaligus harapan kita semua sebagaimana tertuang dalam RPJMD Sukamara dan juga visi dan misi pembangunan Kalteng," ujarnya.
 
Kaspinor menerangkan, memang masih banyak tantangan yang harus dihadapi ke depan seperti bagaimana upaya dalam meningkatkan produktivitas, membangun sumber daya manusia maupun meningkatkan kualitas produk, sehingga mampu bersaing di pasar regional, nasional maupun internasional.
 
“Saya berharap setelah kembalinya ke daerah masing-masing jadilah penyuluh-penyuluh lapangan swadaya untuk menggairahkan pertanian kita ke depan. Ajak anak-anak muda untuk bertani dan jadikan mereka sebagai petani-petani dan nelayan-nelayan yang tangguh serta andal,” harapnya.

Baca juga: Pemkab Sukamara serahkan bonus atlet Porprov 2023
 
Ia menegaskan, generasi muda harus menjadi bagian fokus pembangunan pertanian. Dimana, mereka harus didorong agar berminat terjun ke bidang pertanian.
 
Sebab, keterlibatan kaum milenial di bidang pertanian sangat dibutuhkkan agar menjamin keberlanjutan hasil pangan atau pertanian dalam skala luas dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, kedaulatan dan kemandirian pangan berkelanjutan.

Baca juga: Festival Gawi Barinjam tumbuhkan semangat lestarikan nilai budaya

Baca juga: Peda KTNA XIII Kalteng menggerakkan kepemimpinan agribisnis dan kemitraan

Baca juga: Gebyar UMKM tingkatkan geliat ekonomi masyarakat Sukamara