Penjabat Bupati Murung Raya pantau banjir dan minta warga tetap siaga

id Penjabat Bupati Murung Raya pantau banjir dan minta warga tetap siaga, kalteng, mura, murung Raya, puruk cahu

Penjabat Bupati Murung Raya pantau banjir dan minta warga tetap siaga

Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon saat menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir, Jumat (1/12/2023). ANTARA/Diskominfo SP

Puruk Cahu (ANTARA) - Meluapnya Sungai Barito menyebabkan hampir seluruh permukiman warga di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah yang berada di bantaran sungai tersebut menjadi terendam, dan bahkan luapan tersebut rata-rata pada ketinggian dada orang dewasa.

Menyikapi hal itu, Penjabat Bupati Murung Raya Murung Raya Hermon mengingatkan semua warga yang berada di bantaran sungai harus terus siaga. Dia meminta warga tetap waspada saat terjadi banjir. 

"Kalau masih hujan dan air dari hulu surut maka akan ada aliran air yang cukup deras ke hilir, kemungkinan kita harus siaga untuk antisipasi lebih lanjut, karena air pasti akan meninggi dan bisa menyebabkan banjir,” tegas Hermon, Jumat (1/12) sore.

Hal itu disampaikannya di sela memantau banjir dan menyerahkan bantuan banjir di jalan Merdeka Kelurahan Beriwit Kota Puruk Cahu.

Tidak hanya itu, dia juga menyebutkan bahwa ia bersama pihak terkait lainnya telah mendatangi beberapa titik lokasi banjir yang ada di sekitaran Kota Puruk Cahu, serta beberapa desa lainnya.

"Kami sudah berkeliling, beberapa tempat sudah saya datangi, kalau saya lihat sekilas masih dalam kemampuan masyarakat untuk bisa lewat,” terangnya didampingi Kalaksa BPBD Fitrianul Fahriman, Pihak TNI-Polri dan Tripika Kecamatan Murung. 

Hermon menyebutkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya juga telah diarahkan untuk mengecek banjir yang rata-rata sudah memasuki rumah warga

“Kalau ada daerah-daerah yang perlu dukungan, kita akan bantu. Untuk itu saya sudah instruksikan kepada BPBD agar terus memantau dan segera bantu warga yang membutuhkan pertolongan,” sebut Hermon.