Bulog Muara Teweh tambah stok beras 400 ton untuk Nataru dan Lebaran

id bulog muara teweh,stok beras,nataru,lebaran,barito utara,kalteng

Bulog Muara Teweh tambah stok beras 400 ton untuk Nataru dan Lebaran

Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis bersama Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa setempat Suparmi Aspian dan Kepala Bulog Muara Teweh Abdul Mukti mengunjungi gudang bulog usai menyerahkan bantuan kepada warga di Muara Teweh, Senin (4/12/2023.ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Perum Bulog Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, siapkan penambahan beras sebanyak 400 ton untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta menghadapi Lebaran pada Maret 2024.

"Saat ini stok beras ada sebanyak 300 ton dan segera ditambah kembali 400 ton untuk daerah ini," kata Kepala Bulog Muara Teweh Abdul Mukti di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, persediaan stok beras pada gudang Bulog Muara Teweh ini untuk mengantisipasi apabila terjadinya bencana alam seperti musibah banjir kalau memang terjadi, sudah disiapkan.

Bulog Muara Teweh selama tahun 2023 penyaluran beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebesar 1.700 ton dan terealisasi sekitar 1.200 ton. 

"Ini sesuai program yang ditentukan Badan Pangan Nasional (Bapanas),” kata dia.

Selain itu juga, katanya ada beberapa program dari Bapanas yaitu bantuan pangan. Bantuan pangan ini dimulai pada Maret, April, Mei, dan kedua pada September, Oktober November sudah terealisasi.

“Rencananya akan dialokasikan lagi pada bulan Desember 2023. Mudah-mudahan pemerintah tetap akan melanjutkan setidaknya bantuan pangan itu bisa dilanjutkan kembali di Januari, Februari dan Maret 2024,” ucapnya.

Beras bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu yang terdaftar di By name By Artis bisa mendapatkan bantuan pangan tersebut. 

"Untuk ke depannya, kita memang selalu mengupayakan pemenuhan stok untuk keamanan di wilayah Kantor Cabang Muara Teweh khususnya, umumnya di Kalimantan Tengah. Pusat pun akan memperhitungkan segala sesuatunya agar stok beras itu menyebar," ujarnya.