Kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat jadi isu strategis RPJMD Bartim

id Asisten I Barito Timur, Barito Timur, bartim, kalteng, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Aripanan P Lelo

Kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat jadi isu strategis RPJMD Bartim

Asisten I Setda Bartim Aripanan P Lelu (kedua kanan) membacakan sambutan Penjabat Bupati Bartim di acara pembukaan Rapat Konsultasi Publik Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Bartim 2025-2045 di Aula Bappelitbangda, Kamis (7/12/2023). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Aripanan P Lelo menyatakan bahwa isu strategis pembangunan jangka panjang di wilayah itu mencakup aspek penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, peningkatan keamanan publik, pelestarian lingkungan hidup dan lainnya.

Isu strategis itu menjadi perhatian penting dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sedang dilakukan, kata Aripanan usai membuka Rapat Konsultasi Publik RPJMD 2024-2025 di Tamiang Layang, Kamis (7/12/2023).

"Jadi, nantinya RPJMD ini akan memberikan arah dan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam membangun kesepahaman, kesepakatan, dan komitmen bersama," tambahnya.

Dikatakan, untuk visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Barito Timur 2025 - 2045 adalah Barito Timur Menuju Kabupaten Yang Bertumbuh, Adil, Mandiri dan Berkelanjutan. Sedangkan misi pembangunan yang dirumuskan antara lain mencakup menciptakan pemerataan pembangunan dan berkeadilan, fokus pada pertumbuhan wilayah yang merata dan pemberdayaan masyarakat di berbagai kawasan.

Aripanan mengatakan, diperhatikan juga peningkatan kualitas sumber daya manusia, membangun SDM yang handal dan unggul dari segi pendidikan, kesehatan, dan daya beli dan terakhir yakni mewujudkan pembangunan yang terbuka, tertib, dan humanis dengan menjaga kondusifitas masyarakat dengan kondisi aman, tertib, dan tentram.

"Kemudian, mewujudkan perekonomian masyarakat yang berdaya saing, fokus pada pengembangan agribisnis, pariwisata, jasa, perdagangan, investasi daerah, dan pengurangan pengangguran," beber dia.

Baca juga: Pemkab Bartim gencar sosialisasikan UU TPKS

Selain itu, pemkab juga berkomitmen mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan adaptif, meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah dan adaptasi terhadap perubahan,  dan meningkatkan daya dukung dan kualitas lingkungan, memelihara kebersihan lingkungan, melakukan mitigasi bencana alam, dan menjaga sumber daya alam.

"Sesuai pesan dari Pj Bupati Bartim, diharapkan semua peserta rapat Rapat Konsultasi Publik RPJMD 2024-2025 kiranya dapat memberikan masukan dan pendapat guna mendukung terwujudnya visi Pemerintah Kabupaten Barito Timur atau Gumi Jari Janang Kalalawah," demikian Aripanan.

Baca juga: Pemkab Bartim mulai sosialisasikan UU ASN

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Pj Bupati pastikan Bartim dalam kondisi kondusif

Baca juga: Pj Bupati Bartim minta masyarakat jaga kebersihan cegah DBD