Pemkab Pulang Pisau pelajari SPBE di Sumedang

id Pemkab Pulang Pisau pelajari SPBE di Sumedang, kalteng, Pulang Pisau, spbe

Pemkab Pulang Pisau pelajari SPBE di Sumedang

Pertemuan Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani bersama jajaran dengan Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman dalam kegiatan studi tiru, Senin (19/12/2023). ANTARA/HO-Diskominfostandi Pulang Pisau

Pulang Pisau (ANTARA) - Penjabat Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Nunu Andriani mengatakan bahwa studi tiru yang dilaksanakan oleh jajaran pemerintah setempat ke Kabupaten Sumedang salah satunya adalah dengan melaksanakan Penandatanganan Kerja Sama Pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

“Studi tiru yang dilaksanakan ini sebagai suatu bentuk upaya pemerintah setempat untuk ke depan melaksanakan pengembangan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik,” kata Nunu Andriani di Sumedang, Senin.

Dikatakan Nunu Andriani, banyak ilmu yang didapatkan dari pertemuan yang diterima langsung oleh Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman. Hasilnya membuat jajaran yang ikut di dalam pertemuan  termotivasi untuk menjadikan Pulang Pisau bisa lebih maju dan naik kelas.

Ia mengungkapkan bahwa SPBE merupakan perwujudan dari pemerintahan yang terbuka serta sebagai peningkatan kolaborasi antar sesama instansi daerah yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. 

Sistem pemerintahan berbasis elektronik ini, terang dia, juga merupakan peluang untuk mendorong dan juga mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, serta untuk meningkatkan kolaborasi antar sesama Instansi dalam mewujudkan tujuan bersama. 

Nunu Andriani merasa bersyukur bisa datang dan diterima sangat baik oleh pemerintah Kabupaten Sumedang beserta jajaran.

Baca juga: Pulang Pisau awali Gerakan Tanam Padi bagian penanganan inflasi di Kalteng

Penjabat Bupati Sumedang Jawa Barat Herman Suryatman mengaku merasa bahagia atas kunjungan rombongan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau. 

“Kami bahagia bisa berbagi, Karena NKRI ini akan maju kalau semuanya bahu membahu, semua daerah saling membantu satu dengan yang lainnya,” ujarnya.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang biasa disebut dengan e-government adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat dan pihak-pihak lainnya

Dalam kunjungan studi tiru tersebut, Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani didampingi Sekretaris Daerah Tony Harisinta beserta sejumlah pimpinan OPD pemerintah setempat. 

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dan Pemerintah Kabupaten Sumedang juga melaksanakan Penandatanganan Kerjasama Pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), serta penandatanganan NPHD dan PKS antara Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumedang Bambang Rianto dengan Kadis Kominfo Kabupaten Pulang Pisau Moh Insyafi disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisnta dan Asisten Administrasi Umum Kabupaten Sumedang Budi Rahman.

Baca juga: Kementan akselerasi keberlanjutan food estate di Pulang Pisau

Baca juga: Pemkab Pulang Pisau perkuat kinerja Pokjanal Posyandu

Baca juga: Kajati Kalteng: Tata kelola pemerintah yang baik ciptakan kesejahteraan masyarakat