Pj Wali Kota: Waspadai pemanfaatan isu SARA untuk kepentingan politik

id pemilu 2024, Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kalteng, Hera Nugrahayu, Kota Palangka Raya

Pj Wali Kota: Waspadai pemanfaatan isu SARA untuk kepentingan politik

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. ANTARA/Rendhik Andika.

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu mengajak masyarakat setempat untuk mewaspadai pemanfaatan isi Suku, Agama Ras dan Antar Golongan (SARA) untuk kepentingan politik yang mengancam ketentraman bermasyarakat.

"Kita harus waspada terhadap isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan kita. Jangan sampai kita terprovokasi oleh isu SARA yang sengaja disebar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Hera di Palangka Raya, Selasa.

Menurut dia, pemanfaatan isu sara untuk mencari keuntungan pribadi atau golongan pada masa demokrasi tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman. Saat ini yang seharusnya disampaikan diinformasikan kepada publik ada adu gagasan dan ide untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan.

Dia pun yakin masyarakat saat ini juga semakin cerdas dalam memilih dan menilai setiap isu atau informasi yang disampaikan pihak-pihak tertentu, terutama terkait pelaksanaan pemilihan umum.

"Namun, kami sebagai unsur pemerintah juga wajib untuk terus mengedukasi dan mengingatkan kembali tentang potensi ancaman penyebaran isu-isu yang berpotensi mengancam ketertiban dan keamanan serta toleransi antar masyarakat," kata wanita berhijab itu.

Dia menambahkan, Pemilu 2024 merupakan momentum penting bagi demokrasi di Indonesia. Ia berharap, Pemilu 2024 dapat berlangsung secara damai, lancar dan jujur.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat di "Kota Cantik" sebutan untuk Kota Palangka Raya untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan sesuai dengan hati nurani.

"Kita harus memilih pemimpin yang amanah, berkualitas dan berintegritas. Kita harus cerdas dan kritis dalam menilai visi-misi dan program calon pemimpin kita," kata Hera.

Baca juga: BMKG ingatkan warga waspadai potensi hujan lebat di Kalteng

Dia juga mengapresiasi peran serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dalam menjaga kondusifitas Kota Palangka Raya.

Diharapkan kerjasama dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dapat terus ditingkatkan untuk mewujudkan Palangka Raya yang maju, sejahtera dan berdaya saing.

"Kita harus bersama-sama membangun Kota Palangka Raya yang kita cintai ini. Kita harus bersinergi untuk mendorong pembangunan di berbagai sektor, seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, lingkungan dan lain-lain," katanya.

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Guru dilarang terlibat politik di Pemilu 2024

Baca juga: Peserta didik di Palangka Raya waspadai penyakit saat musim hujan

Baca juga: Mal Pelayanan Publik Palangka Raya berhasil raih sertifikat ISO