KPU Kalteng telah siapkan berbagai langkah antisipasi banjir saat pemungutan suara

id Komisi Pemilihan Umum, KPU Kalteng, Kalimantan Tengah, Wawan Wiraatmaja, KPU Kalimantan Tengah, Kalteng, pemilu 2024

KPU Kalteng telah siapkan berbagai langkah antisipasi banjir saat pemungutan suara

Ketua KPU Kalimantan Tengah Sastriadi (kanan) bersama anggota Wawan Wiraatmaja saat ditemui di Palangka Raya, Senin (29/1/2024). ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Tengah Wawan Wiraatmaja menyatakan bahwa pihaknya telah dan terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait kondisi atau perkiraan cuaca di provinsi ini pada saat pemungutan suara pemilihan umum pada tanggal 14 Februari 2024.

Komisioner di tiap kabupaten juga telah diminta untuk melakukan mitigasi dalam mengantisipasi apabila terjadi banjir di lokasi-lokasi yang nantinya dijadikan sebagai tempat pemungutan suara (TPS), kata Wawan saat ditemui di Kantor KPU Kalteng, Senin.

"Jika memang terjadi banjir, ya lokasi TPS bisa dipindahkan ke yang tidak banjir. Kalau memang kondisinya sama sekali tidak bisa dipindah, ya terpaksa akan dilakukan pemungutan suara susulan," ucapnya.

Meski begitu, dirinya menegaskan bahwa peluang pemungutan suara susulan kecil terjadi di provinsi ini. Sebab, berbagai langkah antisipasi telah dilakukan oleh jajaran KPU bersama pemerintah provinsi maupun kabupaten-kota se-Kalteng.

Wawan mengatakan daerah-daerah yang sempat mengalami banjir, seperti di Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara, sekarang ini sudah surut dan tidak ada masalah. Walaupun di Kabupaten Barito Selatan masih ada genangan air, tetapi hanya di beberapa titik dan tidak akan menjadi penghambat dilaksanakannya pemungutan suara.

"Kami pun kan terus berkoordinasi dengan pihak BMKG. Jadi, sejauh ini pelaksanaan pemilu hingga nantinya pemungutan suara pada tanggal 14 Februari tidak ada masalah," kata Wawan.

Baca juga: KPU jelaskan jika presiden kampanye dia ajukan cuti ke dirinya sendiri

Sebelumnya, Anggota DPD RI Agustin Teras Narang melakukan pertemuan dengan Ketua dan anggota KPU Kalteng. Dalam pertemuan itu, Teras Narang mempertanyakan bagaimana kesiapan KPU di Kalteng mengantisipasi kondisi cuaca jelang pemungutan suara. Sebab, sejumlah wilayah di Kalteng beberapa pekan terakhir mengalami banjir akibat tingginya curah hujan.

Ketua KPU Kalteng Sastriadi mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kedatangan sekaligus support dari Teras Narang selaku Anggota DPD RI yang mewakili provinsi ini. Kedatangan ini menunjukkan ada perhatian terhadap suksesnya pelaksanaan pemilu 2024 di Kalteng.

"Sebelum ini juga ada dari DPRD Barito Selatan yang datang ke KPU Kalteng untuk mempertanyakan masalah cuaca ataupun banjir pada saat pemungutan suara. Kami dari KPU provinsi maupun kabupaten/kota, telah mempersiapkan berbagai langkah terkait kondisi cuaca yang sempat dikhawatirkan berbagai pihak," demikian Sastriadi.

Baca juga: Antisipasi bahaya kebakaran, Disdamkarmat disiagakan di gudang logistik KPU Kotim

Baca juga: Debat ke-5 diusulkan tanpa penonton

Baca juga: Jika presiden cuti untuk kampanye, KPU akan umumkan ke publik