DPRD Mura harpkan Musrenbang Kecamatan perhatikan usulan warga

id Murung Raya,Kalteng,DPRD

DPRD Mura harpkan Musrenbang Kecamatan perhatikan usulan warga

Anggota DPRD Murung Raya, M Nujhan (Foto : ANTARA/HO/Supriadi)

Murung Raya (ANTARA) - Kalangan DPRD Murung Raya berharap fokus Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) setiap kecamatan memerhatikan usulan dan kebutuhan warga, terutama yang kurang mampu terkait hak-hak dasar masyarakat.

Anggota DPRD Murung Raya, M Nujhan meminta aparat memahami betul kondisi dan kebutuhan masyarakat berdasarkan prioritas, sehingga pembangunan dan program yang ditetapkan tepat sasaran.

"Forum Musrenbang ini mempunyai makna yang penting dan strategis dalam mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan daerah dari tingkat bawah," kata M Nujhan, Selasa (30/1/2024).

Menurut dia, dengan memprioritaskan penggalian dan penajaman substansi prioritas pembangunan berbasis perdesaan yang diselaraskan dengan tujuan pembangunan daerah pada perencanaan tahun 2025, maka upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan lebih cepat tercapai.

Musrenbang merupakan forum publik yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa atau kelurahan, kecamatan, pemerintahan kota ataupun kabupaten bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan.

"Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan, pemerintah lebih berperan sebagai fasillitator dan katalistator dari dinamika pembangunan," imbuhnya.

Sehingga, ujar dia, dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terikat dan memberikan masukan serta pengambil keputusan dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses Musrenbang.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Murung Raya tahun 2008-2028 mengamanatkan pembangunan diprioritaskan pada wilayah perdesaan dan kelurahan dengan visi Kabupaten Murung Raya yang maju, mandiri dan sejahtera

"Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan bertujuan untuk melakukan sinkronisasi dan harmonisasi usulan yang akan diselaraskan dengan tema tahun 2025 yaitu perluasan akses layanan dasar masyarakat untuk peningkatan kualitas sumber daya masyarakat dan peningkatan manajemen pemerintahan, serta prioritas pembangunan daerah tahun 2025," kata Hermon dalam Musrenbang di Kecamatan Seribu Riam.