Wabup ajak masyarakat Gunung Mas ciptakan pemilu damai

id pemkab gunung mas, wabup gumas, efrensia lp umbing, pemilu damai, pemilu 2024, kuala kurun, gumas, gunung mas

Wabup ajak masyarakat Gunung Mas ciptakan pemilu damai

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing menyampaikan sambutan saat pelepasan logistik pemilu di Kuala Kurun, Senin (12/2/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing mengajak masyarakat untuk ikut berperan dan ambil bagian dalam menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 yang damai.
 
“Semua pihak, termasuk masyarakat Gunung Mas, harus berperan dan ambil bagian dalam menciptakan pemilu yang sejuk, aman, tenteram dan damai,” ucapnya saat pelepasan armada pendistribusian logistik di Kuala Kurun, Senin.
 
Perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas ini menyebut, pemilu merupakan pesta demokrasi. Artinya perbedaan pilihan dan dukungan merupakan suatu hal yang wajar dan harus disikapi secara bijaksana.
 
Yang utama, tutur dia, semua harus saling menghormati perbedaan pilihan dan dukungan. Jangan sampai perbedaan pilihan dan dukungan malah membuat masyarakat Gunung Mas berselisih atau bertengkar.

Baca juga: Kapolres: 244 personel Polri siap amankan Pemilu 2024 di Gunung Mas
 
Lebih lanjut, dia juga meminta masyarakat yang sudah memiliki hak pilih agar menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024. Masyarakat jangan sampai golongan putih, karena satu suara akan menentukan arah pembangunan.
 
“Kesuksesan pemilu jika partisipasi masyarakat tinggi, kalau bisa 80 persen, 90 persen, bahkan 100 persen. Tapi 100 persen tidak mungkin, karena barangkali ada yang sakit atau berhalangan saat hari H,” kata Efensia.
 
Sebelumnya, Kapolres Gunung Mas AKBP Theodorus Priyo Santosa mengatakan sebanyak 244 personel Polri diturunkan dalam pengamanan tahapan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024 di daerah setempat.
 
244 personel tersebut dengan rincian personel Polres Gunung Mas sebanyak 193 orang, kemudian ada juga bawah kendali operasi (BKO) dari Satbrimob dan Ditsamapta Polda Kalteng sebanyak 51 orang.
 
Bersama-sama TNI dan para pemangku kepentingan lainnya, ratusan personel Polri tadi akan mengamankan pemungutan suara di 390 TPS yang tersebar di 127 desa/kelurahan di 12 kecamatan di wilayah Gunung Mas.
 
Theo memerintahkan personel Polres Gunung Mas dan jajaran Polsek, serta BKO Satbrimob dan Ditsamapta Polda Kalteng, untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan situasi yang terjadi.

Baca juga: Bupati Gumas ajak masyarakat gunakan hak pilih, sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Disdukcapil Gumas tetap buka saat libur Isra Miraj dan Imlek

Baca juga: Pemkab Gunung Mas miliki agenda pembangunan infrastruktur berkelanjutan