Forum Komunikasi PAUD-SD Kotim jadi wadah mencari solusi

id Forum Komunikasi PAUD-SD Kotim jadi wadah mencari solusi, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pendidikan, disdik kotim

Forum Komunikasi PAUD-SD Kotim jadi wadah mencari solusi

Bunda PAUD Kotawaringin Timur Khairiah Halikinnor dan Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Irfansyah berfoto bersama usai rapat pembentukan Forum Komunikasi PAUD-SD Kotawaringin Timur, Selasa (13/2/2024). ANTARA/HO-Disdik Kotim

Sampit (ANTARA) - Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah kini memiliki Forum Komunikasi PAUD-SD (Pendidikan Anak Usia Dini-Sekolah Dasar) yang diharapkan menjadi wadah bersama dalam mencari solusi untuk meningkatkan PAUD di daerah ini. 

"Saya berharap dengan adanya Forum Komunikasi ini kita dapat duduk bersama mendiskusikan guna menghasilkan strategi untuk mencapai target-target perubahan," kata Bunda PAUD Kotawaringin Timur Khairiah Halikinnor di Sampit, Selasa. 

Khairiah menginisiasi pembentukan Forum Komunikasi PAUD-SD Kabupaten Kotawaringin Timur. Ini kemudian ditindaklanjuti dengan rapat bersama Dinas Pendidikan dan pihak terkait. 

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Muhammad Irfansyah dan jajaran pejabat setempat, khususnya yang terkait pengembangan bidang PAUD dan SD. 

Dia mengajak kepada seluruh peserta untuk aktif dan berkontribusi pemikiran dalam membentuk Forum Komunikasi PAUD-SD demi tujuan bersama dalam memajukan dunia pendidikan di daerah ini. 

Menurut Khairiah, ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian forum ini, yakni praktik penerimaan peserta didik baru tanpa tes dan masa pengenalan lingkungan sekolah dasar yang menyenangkan. 

Baca juga: TPS di Sampit angkat tema valentine hingga bagikan doorprize

Hal ini dinilai penting dan mendasar sehingga perlu menjadi perhatian bersama. Nantinya Forum Komunikasi PAUD-SD bersama kepala satuan pendidikan bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan sasaran atau target yang ingin dicapai. 

"Sasaran lainnya yaitu pembelajaran SD kelas awal yang menyenangkan yang mengakomodasi masing-masing kemampuan pondasi anak yang sudah PAUD maupun anak yang belum PAUD," ujar Khairiah. 

Khairiah berharap pendidikan jenjang PAUD dan SD menjadi perhatian bersama karena akan berpengaruh terhadap anak dalam menjalani jenjang pendidikan selanjutnya. 

Dia juga meminta seluruh Bunda PAUD kecamatan, kelurahan dan desa untuk berpartisipasi membantu program ini. Peran mereka sangat diperlukan dalam memberi pemahaman yang baik kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan di jenjang PAUD dan SD. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Muhammad Irfansyah menyambut gembira pembentukan Forum Komunikasi PAUD-SD. Forum ini akan sangat membantu upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di tingkat PAUD dan SD. 

Irfansyah mengatakan, Dinas Pendidikan siap bersinergi dan berkolaborasi melalui program-program yang ada untuk terus meningkatkan pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Baca juga: Patroli Pemilu 2024, Bupati apresiasi antusiasme masyarakat

Baca juga: Ratusan warga binaan Lapas Sampit gunakan hak pilih

Baca juga: KPU Kotim musnahkan 1.721 surat suara lebih dan rusak