Pemkab Barito Utara lakukan Forum Satu Data Indonesia

id satu data indonesia,statistik,barut,barito utara,kalteng

Pemkab Barito Utara lakukan Forum Satu Data Indonesia

Pemkab Barito Utara melaksanakan Forum Satu Data Indonesia di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Senin (12/2/2024).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melaksanakan kegiatan Forum Satu Data Indonesia  untuk memasuki era teknologi informasi.

"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan yang mendasar yang membawa bangsa Indonesia menuju paradigma baru memasuki era teknologi informasi dan komunikasi," kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis dalam sambutannya dibacakan Asisten Administrasi Umum Yaser Arapat di Muara Teweh, Senin. 

Menurut dia, teknologi informasi komunikasi tersebut diarahkan pada ketersediaan jaringan informasi dan data yang menghubungkan instansi pemerintah dalam rangka otomatisasi pelayanan umum, dimana pelayanan umum yang cepat, profesional, transparan, dan lebih mudah merupakan harapan dari seluruh masyarakat kita. 

Sebagai bagian dari pelayanan umum, kata dia, penyelenggaraan Satu Data Indonesia dalam pemanfaatan data statistik sektoral di Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu aktivitas yang sangat diharapkan dan akan menjadi prioritas dalam pelaksanaan pembangunan daerah. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kebutuhan akan adanya data yang akurat dalam perencanaan pembangunan baik tingkat pusat maupun daerah sangatlah diperlukan dengan tujuan agar perencanaan pembangunan dapat lebih terukur. 

“Saya berharap semoga pemanfaatan data statistik sektoral dalam mensukseskan perencanaan pembangunan menjadi suatu keharusan semenjak disahkannya Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia,” katanya.

Dia menjelaskan, pemanfaatan data statistik sektoral yang akurat dalam perencanaan pembangunan khususnya di Kabupaten Barito Utara akan berdampak terhadap penyelenggaraan pembangunan yang lebih maju sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Pada pertengahan 2022, menurut dia, Kabupaten Barito Utara telah mengembangkan aplikasi portal data statistik sektoral, yang fungsinya untuk menampung berbagai jenis data statistik sektoral yang dimiliki oleh setiap perangkat daerah.

“Oleh karena itu pada hari ini, dilaksanakan kegiatan forum satu data Indonesia tingkat Barito Utara yang membahas tentang pentingnya data statistik sektoral yang akurat, dari masing-masing perangkat daerah terkait sebagai produsen data,” ucapnya lagi.

Dia mengatakan begitu pentingnya penginputan data statistik sektoral yang akurat pada aplikasi portal data statistik sektoral Barito Utara pada laman (www.satudata.baritoutarakab.go.id), dan betapa pentingnya peningkatan mutu serta kualitas data statistik sektoral Kabupaten Barito Utara dalam upaya untuk mencapai target maksimal penilaian evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS) yang dilaksanakan setiap tahun.

“Saya meminta kerja sama, keterlibatan, dan kesungguhan dari semua pihak terutama para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara agar dapat mengkoordinir para petugas yang telah ditentukan untuk selalu aktif dalam penginputan data statistik sektoral,” katanya lagi.

Diharapkan forum yang dilaksanakan ini, memberikan pemahaman bagi semua bahwa data itu sangatlah penting untuk menentukan berbagai macam kebijakan. 

“Jadi saya berharap pada forum ini akan mendapatkan serta menyajikan data-data yang dibutuhkan dalam portal satu data di Kabupaten Barito Utara,” ujarnya.