Pemkab Seruyan dorong pemdes optimalkan pengembangan potensi wisata

id pemkab seruyan, kuala pembuang, seruyan

Pemkab Seruyan dorong pemdes optimalkan pengembangan potensi wisata

Foto Arsip - Pengunjung saat menggunakan fasilitas wahana air sepeda air di Wisata Sungai Bakau. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong pemerintah desa di daerah setempat dapat mengoptimalkan pengembangan potensi pariwisata yang dimiliki.


 


"Kami harap para kepala desa bisa mengembangkan potensi yang ada di desanya masing-masing," kata Penjabat (Pj) Bupati Seruyan, Djainuddin Noor, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Rijali Hady di Kuala Pembuang, Senin (11/3).


 


Dia menjelaskan pariwisata merupakam salah satu sektor unggulan bagi daerah setempat, karena selama ini turut menjadi penyumbang bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).


 


"Oleh karenanya kami terus mendorong masing-masing desa dapat mengoptimalkan potensi pariwisata yang dimiliki," terangnya.


 


Hal ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun perekonomian daerah. Sebab sektor pariwisata mampu berkembang dengan baik, maka akan turut memacu perkembangan sektor lain seperti misalnya UMKM.


 


Dia menyampaikan upaya ini sejalan dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal yang membuat regulasi agar ke depan desa bisa mengalokasikan sebagian anggarannya untuk pengembangan pariwisata.


 


Harapannya desa dimaksud dapat berkembang menjadi desa wisata, dan diharapkan mampu berkontribusi menggiatkan perekonomian di Kabupaten Seruyan.