Berikut 7 cara membantu kelola stres dengan sederhana

id kelola stres,Universitas Pennsylvania,depresi

Berikut 7 cara membantu kelola stres dengan sederhana

Ilustrasi wanita sedang meditasi (ANTARA/Pexels/Oluremi Adebayo)

Jakarta (ANTARA) -
Terdapat tujuh cara untuk mengalihkan stres menurut seorang penulis dan peneliti Universitas Pennsylvania yang berspesialisasi dalam stres, ketahanan, dan kelelahan Kandi Weins.  
"Orang-orang berpikir bahwa ketika kita mengalihkan perhatian kita dari stres, itu adalah hal yang buruk, tetapi belum tentu," katanya.
 
Ditulis laman New York Post, Selasa (19/3), teknik pengalih perhatian stres, yang dia sebut sebagai “obat penyelamat”, dirancang untuk melawan efek hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

Baca juga: Psikolog : Aromaterapi dapat bantu kelola stres
 
Strategi-strategi ini mulai dari menghela nafas, berolahraga hingga melihat foto orang yang dicintai, semuanya diuraikan dalam bukunya.
 
1. Menghela nafas
 
Wiens mengatakan bahwa teknik pernapasan dengan mengambil dua napas melalui hidung dan mengembuskan napas panjang melalui mulut membantu orang menurunkan respons stres mereka.
 
Sebagai praktik pereda kecemasan, hembusan akan membuka kantung udara di paru-paru yang disebut alveoli dan memaksimalkan jumlah oksigen yang dibawa orang ke paru-parunya.
 
"Saat kita stres dan respons stres kita menurun, kita mengumpulkan karbon dioksida," jelasnya.

Baca juga: Tips mengelola stres dalam menjalani peran sebagai orang tua
 
“Menghela nafas memungkinkan kita mengambil cukup banyak oksigen sekaligus. Kemudian, hembusan napas yang panjang memungkinkan kita mengeluarkan karbon dioksida tersebut,” tambahnya.
 
2. Lihatlah foto seseorang yang Anda cintai
 
Dalam penelitiannya, Wiens mengatakan peserta penelitian melaporkan bahwa melihat foto anak-anak mereka atau orang lain yang mereka cintai dapat menenangkan mereka.

Tindakan sederhana dengan melihat sebuah gambar dapat menghasilkan oksitosin, yang juga dikenal sebagai “hormon cinta”, yang dapat mengimbangi hormon stres.

Pada saat-saat stres, tubuh mengeluarkan banyak kortisol dan adrenalin, dan hal ini menyebabkan segala macam hal buruk terjadi di dalam tubuh kita.

“Denyut jantung kita naik, asupan oksigen kita turun,” jelasnya.

Baca juga: Tips tetap sehat dan produktif di masa peralihan menuju endemi

Namun melihat foto seseorang yang Anda cintai menghidupkan sistem saraf parasimpatis, yang aktif saat tubuh dalam keadaan relaksasi.

3. Sentuhan fisik

Memegang tangan atau memeluk seseorang mempunyai cara kerja yang mirip dengan melihat foto dalam hal mengurangi stres.
 
“Melihat foto dan sentuhan menimbulkan oksitosin,” jelasnya.

Memeluk hewan peliharaan juga mempunyai manfaat yang sama. Dan jika tidak ada orang yang Anda cintai atau binatang di dekatnya, memijat pelipis Anda, atau meletakkan tangan Anda di jantung dapat membuat Anda berada dalam kondisi keseimbangan.

Anda juga bisa menenangkan diri dengan memijat leher hingga pangkal tengkorak. Ini merangsang saraf vagus Anda yang penuh dengan reseptor oksitosin.

4. Latihan

Wiens mengatakan berolahraga menghasilkan dopamin, neurotransmitter dan hormon yang memberikan perasaan senang dan puas.
 
“Saat Anda berolahraga, fisik Anda menjadi sedikit tinggi. Anda merasa mungkin memiliki lebih banyak energi setelahnya,” jelasnya.

Seperti latihan pereda stres lainnya, olahraga dapat membantu menjinakkan sistem saraf simpatik dan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis Anda.
 
“Anda melatih tubuh Anda untuk memproduksi hormon yang tepat pada tingkat yang tepat,” jelasnya.
 
5. Habiskan waktu di alam
 
Menghabiskan waktu di alam meningkatkan produksi dopamin serta produksi endorf

Endorfin adalah bahan kimia yang dilepaskan oleh tubuh sebagai respons terhadap rasa sakit atau stres dan juga dilepaskan selama aktivitas menyenangkan seperti menghabiskan waktu di alam, olahraga, seks, tertawa, meditasi, dan makan coklat, menurut Harvard Health.

Buku Wien mengatakan bahwa efek pengurangan stres dari berada di alam terjadi hanya dalam 10 menit.

Baca juga: Pentingnya kelola stres untuk cegah insomnia
 
6. Menangis

Menangis melepaskan oksitosin dan endorfin serta dapat membantu orang menenangkan diri dan mengatur suasana hati mereka.
 
7. Menghitung , Menemukan, Berkomunikasi, Bernapas dan Menghembuskan (CLCBE)

Teknik penghilang stres lain yang dia sarankan adalah teknik yang disebut Hitung, Temukan, Komunikasikan, Pernapasan, dan Buang Nafas (CLCBE), yang diciptakan oleh Dr. Howard Stevenson, juga di Universitas Pennsylvania.
 
Untuk porsi penghitungannya, kata dia, masyarakat bisa menanyakan tingkat stresnya pada skala satu hingga 10.

Baca juga: Cara kelola stres yang baik menurut psikolog

Baca juga: Hindari penyakit autoimun dengn kelola stres Anda

Baca juga: Kelola stres untuk bantu cegah kanker