Polda Kalteng: Waspadai peredaran uang palsu jelang Idul Fitri

id Uang Palsu ,Polda Kalteng ,Waspadai peredaran uang palsu jelang Idul Fitri 1445 H,Kombes Pol Erlan Munaji

Polda Kalteng: Waspadai peredaran uang palsu jelang Idul Fitri

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah meminta kepada masyarakat di provinsi setempat untuk mewaspadai peredaran uang palsu menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Selasa, mengatakan sampai saat ini pihaknya tidak ada menerima laporan terkait adanya penyebaran uang palsu di setiap daerah.

"Kalau toh ada laporan tentunya, kepolisian setempat akan menyelidiki terkait tindak pidana tersebut," kata Erlan.

Menurutnya, kepolisian tidak bisa menangkap pelaku penyebar uang palsu, kalau tidak ada informasi atau laporan dari masyarakat. Ketika ada laporan, tentunya kepolisian akan segera menindaklanjuti.

"Jangan takut untuk memberikan informasi terkait adanya tindak pidana peredaran uang palsu, apabila masyarakat mengetahuinya. Karena perbuatan oknum-oknum tersebut sangatlah merugikan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Oknum polisi tembak debt collector diproses hukum

Erlan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pedagang di pasar dan swalayan yang ada di seluruh Kalteng, apabila melaksanakan transaksi benar-benar mengecek uang hasil transaksi dari pelanggannya.

"Alangkah baiknya sebelum menerima uang hasil transaksi jual beli dengan pengunjung, sebaiknya diperiksa dengan seksama sehingga menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi," demikian Erlan.

Berdasarkan pantauan di lapangan aktivitas jual beli di pasar tradisional yang berada di Palangka Raya jelang Hari Raya Idul Fitri mulai ramai.

Baca juga: Fisipol UMPR-Polda Kalteng-IMM berbagi takjil untuk pengendara

Baca juga: Polda Kalteng beri bantuan sosial ke panti asuhan di Palangka Raya

Baca juga: Kapolda Kalteng minta masyarakat waspada sindikat pencurian pecah kaca mobil