Pemkab Kotim gelontorkan Rp1,8 miliar untuk beasiswa Gerbang Mentaya 2024

id Pemkab Kotim gelontorkan Rp1,8 miliar untuk Beasiswa Gerbang Mentaya 2024, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, Bupati Kotim

Pemkab Kotim gelontorkan Rp1,8 miliar untuk beasiswa Gerbang Mentaya 2024

Sekretaris Daerah Kotim Fajrurrahman. ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah menggelontorkan dana Rp1,8 miliar pada 2024 untuk Program Beasiswa Gerbang Mentaya dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Beasiswa ini untuk membantu putra-putri daerah kita yang ingin melanjutkan pendidikan, sebagai upaya  peningkatan kualitas SDM kita,” kata Sekretaris Daerah Kotim Fajrurrahman di Sampit, Senin. 

Program Beasiswa Gerbang Mentaya merupakan program rutin yang dilaksanakan Pemkab Kotim setiap tahun. Besaran anggaran untuk program ini disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Sehubungan dengan itu, Pemkab Kotim kembali membuka pendaftaran Beasiswa Gerbang Mentaya 2024, mulai 1 April sampai 15 Mei 2024, dengan kuota kurang lebih 1000 orang.

Program ini ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa yang terdaftar sebagai pelajar atau mahasiswa sekolah negeri maupun mahasiswa aktif jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Beberapa ketentuannya yaitu, untuk mahasiswa Diploma III paling rendah semester II dan paling tinggi semester IV. Untuk mahasiswa Diploma IV dan Strata Satu (S-1) paling rendah semester II dan paling tinggi VI. Untuk mahasiswa Strata Dua (S2) paling rendah semester II dan paling tinggi III. 

Baca juga: DPKP Kotim investigasi kematian ternak babi di Telawang

“Mahasiswa yang mendaftar Program Beasiswa Gerbang Mentaya tidak berstatus sebagai penerima beasiswa atau bantuan keuangan dari sumber lain,” lanjutnya.

Ketentuan lainnya, bagi penerima Beasiswa Gerbang Mentaya pada periode sebelumnya tidak menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), maka dianggap tidak memenuhi syarat untuk pengajuan beasiswa periode berikutnya.

Bagi pemohon dapat mendaftarkan diri melalui tautan berikut, http://msha.ke/beasiswagerbangmentaya2024#link . Selanjutnya membawa dokumen asli ke Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kotim.

Proses penyaluran Beasiswa Gerbang Mentaya dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening yang bersangkutan melalui rekening Bank Kalteng Cabang Sampit. Oleh sebab itu, bagi pendaftar program beasiswa ini diharuskan melampirkan surat keterangan dari Bank Kalteng bahwa rekening yang bersangkutan aktif.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Program Beasiswa Gerbang Mentaya bisa menghubungi nomor kontak yang disediakan, yakni 0858 49550584.

“Kami berharap program ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh putra-putri Kotim. Mudah-mudahan bantuan ini bisa sedikit membantu mengurangi beban orang tua maupun pelajar dan mahasiswa dalam membiayai sekolah dan kuliahnya,” demikian Fajrurrahman.

Baca juga: Irawati berharap pasangan Harati berlanjut ke Jilid II

Baca juga: Pemkab Kotim gelar gerakan pangan murah ringankan beban masyarakat

Baca juga: Pemkab Kotim gelar gerakan pangan murah ringankan beban masyarakat