FKIP UMPR tanamkan semangat kepemimpinan pada mahasiswa melalui kegiatan Perju Sahad

id FKIP UMPR tanamkan semangat kepemimpinan pada mahasiswa melalui kegiatan Perju Sahad, kalteng, Palangka raya, UMPR, pendidikan,Muhammadiyah

FKIP UMPR tanamkan semangat kepemimpinan pada mahasiswa melalui kegiatan Perju Sahad

FKIP UMPR tanamkan semangat kepemimpinan pada mahasiswa melalui kegiatan Perju Sahad di Kampus 3 UMPR, di Palangka Raya, Jumat (24/5/2023). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FKIP UMPR) menanamkan semangat kepemimpinan kepada para mahasiswa melalui kegiatan Perkemahan Jumat, Sabtu dan Ahad (Perju Sahad).

"Kegiatan kepanduan Hizbul Wathan ini dilaksanakan selama tiga hari. Diikuti 200-an mahasiswa semester 2 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMPR," kata Dekan FKIP UMPR, Hendri MPd di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan, kegiatan yang dipusatkan di kampus 3 Universitas Muhammadiyah Palangkaraya jalan Insinyur Soekarno Palangka Raya ini menjadi bagian dari pelaksanaan mata kuliah Hizbul Wathan.

Para peserta, sendiri merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Prodi Bimbingan Konseling (BK), dan Prodi Pendidikan Ekonomi. Berasal dari Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Pulang Pisau.

"Jadi setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan mata kuliah Hizbul Wathan harus mengikuti kegiatan kemah ini," kata Hendri.

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan selesaikan program RPL di Fisipol UMPR

Selama kegiatan, para mahasiswa dibekali kepanduan Hizbul Wathan. Selain itu juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan yang mengasah kemampuan individu. Diantaranya, seperti lomba kesenian serta pertandingan olah raga antar peserta.

Melalui kegiatan Perju Sahad ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan peningkatan pengetahuan terkait kepemimpinan, kerjasama tanggung jawab dan kedisiplinan.

"Kami pun berharap usai mengikuti kegiatan ini para mahasiswa akan mengimplementasikan pengetahuan serta semua aspek yang diperoleh pada kegiatan sehari-hari. Termasuk dalam perkuliahan," kata Hendri.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman tersendiri bagi para mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMPR.

"Kemah ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi, komunikasi serta keakraban antara mahasiswa dengan mahasiswa ataupun antara mahasiswa dengan para dosen FKIP," katanya.

Pihaknya pun berkomitmen akan terus meningkatkan mutu layanan serta terus berinovasi pada proses perkuliahan. Terutama untuk mewujudkan pelaksanaan pendidikan tinggi yang berkualitas serta sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca juga: Fisipol UMPR perkuat konsentrasi keilmuan mahasiswa melalui kuliah kepakaran

Baca juga: UMPR-LAN kolaborasi pelatihan dan pengembangan kompetensi

Baca juga: Fisipol UMPR-Pemkab Lamandau kerja sama tingkatkan kapasitas ASN