Peselancar Indonesia Rio lolos dari babak eliminasi Tahiti Pro

id Rio Waida ,selancar ombak,indonesia,lolos,babak eliminasi,tahiti pro

Peselancar Indonesia Rio lolos dari babak eliminasi Tahiti Pro

Atlet selancar Indonesia Rio Waida beraksi saat tampil dalam ISA World Surfing Games 2022 Huntington Beach, California, Amerika Serikat, Sabtu (24/9/2022). (ISA Photo/Ben Reed) (ISA Photo/Ben Reed/BEN REED PHOTO)

Jakarta (ANTARA) - Atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida berhasil lolos dari babak eliminasi kejuaraan Liga Surfing Dunia World Surfing League (WSL) di pantai Teahupoo, Tahiti, French Polynesia, yang nantinya akan menjadi lokasi Olimpiade Paris 2024.


Dalam perlombaan yang disiarkan langsung oleh WSL, Rabu waktu setempat atau Kamis WIB, Rio berkompetisi di Heat 6 bersama peselancar Hawaii Imaikalani deVault.

Rio berhasil mendominasi Heat dengan mencatatkan dua ombak terbaiknya dengan nilai 7,17 dan 6,87. Total raihan 14,04 poin tersebut membuat peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu berhasil melaju ke babak 16 besar WSL Tahiti Pro.

Pembawa bendera Merah Putih dalam Olimpiade Tokyo 2020 itu unggul 10,71 poin atas deVault yang mengumpulkan 3,33 poin.

"Saya merasa saya berada dalam mimpi, ketika di dalam gulungan ombak saya melihat ruangan berwarna hijau, dan sinar matahari sangat terang menempa wajah saya, tentu saja itu gila... Saya berasa berada di surga atau semacamnya," kata Rio dalam wawancara usai perlombaan.




Rio bermain agresif sejak pertandingan dimulai. Ia mencoba mencetak poin dengan melakukan "riding tube" atau masuk ke dalam gulungan ombak sejak menit ke-18.

Peselancar berusia 24 tahun itu akhirnya mendapatkan skor tertinggi 7,17 pada menit kesembilan. Namun, hal itu tidak membuat ia berpuas diri. Tiga menit sebelum perlombaan berakhir, ia mendapatkan ombak besar yang dieksekusi dengan apik untuk mendapatkan poin 6,87.

"Pertama, saya mau mengucapkan terimakasih banyak semua sudah dukung saya, dan round berikutnya saya akan lebih semangat, dan terima kasih, dan tetap dukung," ujar Rio menggunakan bahasa Indonesia dalam wawancara bersama WSL.

Sementara itu, kepala tim nasional surfing Indonesia Arya Subyakto optimistis dengan penampilan Rio di Olimpiade 2024 melihat hasil pada babak eliminasi tersebut.

"Melihat hasil Rio hari ini di Tahiti pada babak eliminasi dalam kondisi ombak Tahiti yang lagi besar, maka kami tambah optimis akan kemampuan Rio berlaga di ombak besar Tahiti," kata Arya dalam sambungan telepon kepada ANTARA, Kamis.

"Rio begitu relax dan comfortable bertanding di ombak besar Tahiti."

Selanjutnya pada babak 16 besar, Kamis (30/5) pagi waktu setempat atau Jumat (31/5) dini hari WIB, Rio akan berlomba di Heat 6 bersama peselancar AS Crosby Colapinto.