Takraw Putri Kalteng jajal kemampuan atlet tiga daerah jelang PON

id Takraw Putri Kalteng ,Palangka raya,kalteng,PON Aceh-Sumut ,PPLP ,PSTI Kalteng

Takraw Putri Kalteng jajal kemampuan atlet tiga daerah jelang PON

Atlet Takraw Putri Kalteng yang dipersiapkan untuk berlaga di PON XXI Aceh-Sumut melaksanakan latihan rutin di komplek PPLP di Jalan RTA Milono Kota Palangka Raya. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Atlet Taakraw Kalteng lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024, dalam waktu dekat ini melakukan uji coba di tiga daerah untuk persiapan PON yang tinggal beberapa bulan saja lagi.

Pelatih Takraw Senior Kalteng, Muhammad Ahmadi Palangka Raya, Rabu, mengatakan uji coba yang akan dilakukan nantinya di Provinsi Jawa Timur, Bali dan Yogyakarta dengan tujuan mengukur sejauh mana kemampuan mereka menjelang PON yang akan dilaksanakan tahun ini.

"Rencana keberangkatan itu pertengahan  Juli-Agustus 2024. Mereka disana nantinya juga akan melakukan uji coba dengan atlet takraw putri di di daerah setempat yang juga lolos PON tahun ini," ucapnya. 

Dia menuturkan, selama program pemusatan latihan provinsi (pelatprov) di Palangka Raya atlet atas nama Salsabila Adistry, Elsa Widiya dan Sophia (atlet sparing) diawasi Pelatih Takraw Putra Hertanto.

Alasan tim takraw putri menuju tiga daerah seperti Bali, Jawa Timur dan Yogyakarta selain teman dekat cabang takraw kategori putri sementara yang kuat di Indonesia adalah tiga daerah tersebut. Maka dari itu untuk mengukur kemampuan atlet kita melakukan uji coba disana.

"Memasuki dua bulan pelatprov, cabang takraw putri sudah memasuki program  fisik umum dan teknik dasar kontrol bola serta umpan smash dan service," ucapnya.

Ahmadi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI ) Kalteng, organisasi takraw akan bekerja keras meningkatkan kemampuan atlet putri lolos PON diatas rata-rata.

Terlebih, cabang ini akan bertanding di nomor double putri yang mengharuskan perpaduan kekompakan dua pemain putri di lapangan.

"Keduanya atlet bertanding di lapangan harus padu, tidak boleh melakukan kesalahan karena bisa berakibat poin bagi lawan. Maka dari itu dalam latihan terus difokuskan terkait smash dan servis bola," beber Ahmadi.

Baca juga: Atlet Pencak Silat PON Kalteng training camp tiga bulan di Malang

Ditambahkan Pelatih Takraw Putra, Hertanto mengatakan program sudah dirancang
sekarang sudah masuk ke fisik dengan teknik. Hal tersebut tentunya sebagai bahan melihat kemampuan tim putri maka sementara sparing masih dengan yang putra.

"Atlet putri sparing sama atlet putri senior juga atlet putra agar terbiasa menerima servis keras, smash," demikian Hertanto.

Dalam pemusatan latihan di Kota Palangka Raya, atlet-atlet selain latihan di asrama Pemusatan Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Jalan RTA Milono.

Atlet putri apabila sudah jenuh di asrama maka latihan di markas takraw di lapangan terbuka komplek Sanaman Mantikei Jalan Ahmad Yani.

Baca juga: Hadapi PON 2024, Atlet Panahan Kalteng uji coba ke Yogyakarta

Baca juga: ESI Kalteng asah kemampuan melalui turnamen

Baca juga: Atlet Biliar kuatkan latihan teknik dan mental untuk hadapi PON 2024