Palangka Raya perluas jangkauan Gerai TPID untuk kendalikan inflasi

id Palangka Raya perluas jangkauan Gerai TPID untuk kendalikan inflasi, kalteng, Palangka raya, ekonomi

Palangka Raya perluas jangkauan Gerai TPID untuk kendalikan inflasi

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (dua dari kiri) meresmikan Gerai TPID Pandawa yang berada di Kelurahan Kalampangan, Selasa (27/2/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya memperluas jangkauan Gerai Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) hingga tingkat kelurahan sebagai upaya pengendalian inflasi.

"Saat ini telah ada tiga gerai TPID, yang tersebar di tiga kecamatan. Ke depan kami menargetkan untuk membangun Gerai TPID di setiap kelurahan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Dia menerangkan, tiga Gerai TPID yang telah ada tersebut berada di Pasar Kahayan, Kalampangan, dan Tangkiling. Keberadaan Gerai TPID ini terbukti efektif dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional.

Dia menambahkan, seluruh barang yang dijual di Gerai TPID memiliki harga yang lebih rendah dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Produk yang dijual di gerai tersebut adalah berbagai bahan pangan pokok seperti beras, minyak goreng, bawang merah, bawang putih dan lainnya.

Baca juga: Tingkatkan keamanan sistem informasi, Palangka Raya gandeng Badan Siber

“Kami terus berupaya memperluas jaringan Gerai TPID agar dapat menjangkau lebih banyak masyarakat. Keberadaan Gerai TPID ini sangat penting untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional," katanya.

Gerai TPID ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota Palangka Raya bersama berbagai pihak anggota tim penanggulangan inflasi daerah seperti Bank Indonesia dan Bulog.

Selain membangun Gerai TPID, Pemkot Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DPKUKMP) juga membuka pasar penyeimbang di lokasi Pasar Datah Manuah pada setiap Rabu dan Sabtu.

Pasar penyeimbang ini diharapkan semakin mampu membantu dan mengendalikan harga bahan pokok dan mencegah laju inflasi agar pertumbuhan ekonomi dapat stabil dan berkesinambungan.

"Selain itu kami juga menerapkan strategi pengendalian inflasi melalui pendekatan 4K. Meliputi ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif," demikian Hera.

Baca juga: Salah seorang anggota Polda Kalteng ditangkap miliki 81 gram sabu

Baca juga: Polisi tetapkan dua tersangka pengeroyok empat remaja di Palangka Raya

Baca juga: Kodim 106/Plk gelar apel kesiapan pengamanan Pilkada 2024