Legislator Palangka Raya ajak masyarakat jadikan Idul Adha sebagai momen berbagi bersama

id Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery, DPRD Kota Palangka Raya, DPRD, Kota Palangka Raya, Kalteng

Legislator Palangka Raya ajak masyarakat jadikan Idul Adha sebagai momen berbagi bersama

Warga Kota Palangka Raya pada saat hendak salat Idul Adha 1445 Hijriah di Bundaran Besar Kota Palangka Raya. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery meminta kepada seluruh masyarakat di daerah ini agar dapat menjadikan Idul Adha 1445 Hijriah sebagai momen untuk berbagi bersama.

"Berbagi tidak hanya dilakukan kepada keluarga, tetapi bisa juga dengan sesama warga dengan berkurban sapi atau kambing," katanya di Palangka Raya, 17 Juni 2024.

Legislator Palangka Raya itu menyebut, Idul Adha identik dengan berkurban seekor kurban bagi yang mampu, baik itu sapi atau kambing yang tidak cacat dan dipastikan kesehatannya.

Penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha menanamkan rasa ikhlas dalam berbagi, sebab dua pertiga bagian daging kurban merupakan hak orang lain dan sisanya diberikan kepada orang yang berkurban.

"Jadi semua warga bisa merasakan nikmatnya daging hewan kurban sehingga kebahagiaan bisa dirasakan semua warga," ucapnya.

Selain itu, lanjut Khemal, Hari Raya Idul Adha mengajarkan masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, melalui pelaksanaan salat dan kurban, umat muslim bisa menunjukkan ketaatan dan rasa syukur kepada Sang Pencipta. 

Dengan menjalankan segala perintah Allah SWT, diyakini dapat menjadi salah satu jalan bagi umat muslim untuk bisa menuju surga nya Allah SWT. Sebab, nantinya hewan kurban pada hari kiamat kelak akan mendatangi orang yang menyembelihnya dalam keadaan utuh tanpa kekurangan satu anggota tubuh pun.

"Seperti saat masih hidup di dunia dan semuanya tentu akan mendatangkan pahala dan menjadi penolong di hari akhir," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya telah bagikan 16 sapi kurban pada warga

Legislator partai Golkar ini mengapresiasi seluruh umat muslim yang telah secara ikhlas menyisihkan rezekinya untuk berkurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 ini.

Hal tersebut diharapkan dapat menjadi semangat dan contoh bagi masyarakat lainnya untuk dapat berkurban sehingga dapat berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan di Kota Palangka Raya.

"Intinya bagi yang mampu saja, jangan sampai dipaksakan untuk berkurban. Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah bagi yang merayakan. Semoga bisa menjadi berkah bagi kita semua," demikian Khemal Nasery.

Baca juga: Wagub Kalteng: Idul Adha momen tingkatkan kepedulian & saling berbagi ke sesama

Baca juga: DPRD minta pemkot pastikan keakuratan data stunting di Palangka Raya

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Pengelola sekolah jaga keamanan selama libur