Pemkab Barsel matangkan persiapan menyambut kunjungan Presiden

id Pemkab Barsel matangkan persiapan menyambut kunjungan Presiden, kalteng, barsel, Barito Selatan, presiden, Joko widodo, jokowi

Pemkab Barsel matangkan persiapan menyambut kunjungan Presiden

Rapat koordinasi persiapan kunjungan presiden di Barito Selatan di Buntok, Kamis (26/6). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mematangkan persiapan menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di daerah itu.

Sekretaris Daerah Barito Selatan, Eddy Purwanto mengatakan pihaknya mempersiapkan semaksimal mungkin di sejumlah titik kegiatan Presiden di Barito Selatan pada Kamis (27/6).

"Untuk kegiatan Presiden di Barito Selatan ini ada pada empat titik dan semuanya telah dilakukan persiapan-persiapan," katanya di Buntok, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk tempat pendaratan helikopter dan acara penyambutannya telah dipersiapkan pihaknya yang sudah dikoordinasikan dengan protokol istana dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Begitu juga lanjut dia, dengan lokasi kunjungan presiden di Plaza Beringin dan kantor Bulog Buntok serta tempat presiden nantinya istirahat, shalat dan makan.

Ia menjelaskan, untuk kunjungan ke plaza Beringin Buntok, presiden nantinya akan meninjau lapak-lapak penjual sembako, penjual sayur dan ikan pada pasar tersebut.

Baca juga: PWI Barito Selatan kaji banding ke Balikpapan

Sedangkan di kantor Bulog Buntok, akan ada pembagian sembako kepada 500 kepala keluarga. Nantinya Presiden akan menyerahkannya secara simbolis kepada beberapa orang sebagai perwakilan yang menerima bantuan tersebut.

"Semua lokasi itu telah dipersiapkan dan telah dilakukan pengecekan di lapangan agar kegiatan kunjungan presiden berjalan dengan lancar tanpa menemui kendala," ucap Eddy Purwanto usai memimpin rapat terkait hal itu bersama Dandim 1012 Buntok, Kapolres Barsel dan Paspampres.

Menurut dia, terkait dengan kegiatan kunjungan presiden ini telah disusun oleh protokol istana dan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan akan mengikuti dan menyesuaikan dengan susunan acara yang telah disusun tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah petugas kebersihan sedang melakukan pembersihan lokasi pada lapangan di Stadion Batuah dan juga di halaman plaza Beringin Buntok.

Demikian halnya dengan di halaman kantor Bulog Buntok, sejumlah karyawannya melakukan sejumlah persiapan serta memasang umbul-umbul dan persiapan lainnya untuk lancarnya kegiatan kunjungan presiden di kantor tersebut.

Sedangkan aparat kepolisian Polres Barsel dan Kodim 1012 Buntok juga telah menurunkan personelnya untuk menjaga keamanan selama kegiatan kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Barito Selatan.

Baca juga: Pj Bupati Barito Selatan lantik enam pejabat pimpinan tinggi pratama

Baca juga: DPRD Barsel dukung Pemprov Kalteng gelar pasar murah jelang Idul Adha

Baca juga: Pemprov Kalteng sediakan 1600 paket bahan pokok saat pasar murah di Barsel