Benarkah 100 anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia? Ini faktanya

id Anak gaza,anak yatim,palestina,hoaks,hoax

Benarkah 100 anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia? Ini faktanya

Palestinian children are pictured at a temporary camp in the southern Gaza Strip city of Khan Younis, May 22, 2024. (Photo by Rizek Abdeljawad/Xinhua) (ANTARA/Xinhua)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebelumnya mengatakan Indonesia siap menerima 1.000 anak terdampak konflik Palestina untuk dirawat dan bersekolah di Indonesia.

Hal itu disampaikan Prabowo di Jakarta pada 13 Juni 2024, usai menghadiri KTT yang membahas soal Gaza di Amman, Yordania. 

Sebuah unggahan video di X menarasikan bahwa kurang lebih dari 100 anak yatim korban perang Israel dan Palestina tiba di Indonesia. Dalam video tersebut, terdapat tulisan dapur umum dan bendera Indonesia juga Palestina.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Alhamdulillah, +/_100 org lebih anak yatim korban perang Gaza,,telah tiba di indonesia,,mereka telah diselamatkan ,berkat kerjasama dgn kedutaan indonesia di perbatasan palestina dgn Mesir,dan yordania,,alhamdulillah,masing2 mrk akan punya ayah angkat dan ibu angkat di Indonesia”

Namun, benarkah video 100 anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia?

 
 
Unggahan yang menarasikan video seratus anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia. Faktanya, video tersebut diambil di Kamp Pengungsi Palestina Irbid, tepatnya di Perbatasan Bumi Syam Suriah dan Jordania, bukan di Indonesia. (X)
Penjelasan:

Ketua dari Golden Future Indonesia, Kristinawati Hidajat dalam Instagramresminya juga selaku pemilik video tersebut mengklarifikasi klaim 100 anak yatim Gaza dibawa ke Indonesia, membahagiakan anak yatim di hotel berbintang dan juga mencarikan mereka orang tua asuh di Indonesia. 

Ia menjelaskan video itu diambil saat sedang berada di Kamp Pengungsi Palestina Irbid, tepatnya di Perbatasan Bumi Syam Suriah dan Jordania.

Krisnawati dan tim sedang membuat dapur umum dan pembagian sedekah daging serta bagi-bagi hadiah lebaran untuk penduduk kamp yang mayoritas adalah janda dan anak yatim. Kegiatan tersebut dilakukan tepatnya pada 19 Juni 2024 di Perbatasan Yordania dan Suriah, bukan di Indonesia.

Klaim: Video seratus anak yatim korban perang Gaza tiba di Indonesia

Rating: Disinformasi