Sukamara Expo sarana promosi dan tingkatkan kualitas produk lokal

id pemkab sukamara, sukamara expo 2024, produk lokal sukamara, penjabat bupati sukamara

Sukamara Expo sarana promosi dan tingkatkan kualitas produk lokal

Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor dan lainnya membuka Sukamara Expo 2024, Selasa malam. (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) -
Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Kaspinor mengatakan Sukamara Expo 2024 diselenggarakan sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi produk-produk komoditas unggulan.

"Selain itu, untuk memacu produk lokal agar terus meningkatkan kualitas, kreativitas dan produktivitas sehingga mampu menarik calon pembeli dan investor untuk melakukan transaksi dagang dan investasi," katanya di Sukamara, Rabu.
 
Kaspinor menyampaikan, kegiatan ini merupakan representasi potensi dan pencapaian Kabupaten Sukamara selama 22 tahun.

Peserta stan berjumlah 24 yang terdiri dari perangkat daerah, instansi vertikal, perusahaan swasta, BUMD, BUMN, dan organisasi-organisasi yang ada di wilayah setempat. Kemudian untuk UMKM, terdapat kurang lebih 100 lapak yang meramaikan Sukamara Expo 2024.
 
Kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian dari perayaan Hari Jadi Kabupaten Sukamara 2024 ke-22 dengan tema pengembangan sumber daya manusia berkarakter dan profesional menuju Sukamara maju dan bermartabat.

Baca juga: Hari Bhayangkara momentum introspeksi dan optimalisasi kinerja Polri
 
Dia berharap kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan perekonomian Sukamara dengan mengangkat kembali kearifan lokal hasil budaya dan produk unggulan, serta menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap produk lokal.

"Sudah seharusnya kita bangga dengan produk lokal, walaupun produk-produk kita masih banyak yang harus dikembangkan,” harapnya.
 
Kemudian, dirinya juga mendorong agar seluruh masyarakat dapat menggunakan dan mengonsumsi produk lokal, karena sangat membantu roda perekonomian di wilayah setempat.

Selain itu juga untuk mendukung pengembangan bisnis lokal, turut meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menciptakan lapangan pekerjaan, hingga masih banyak lagi manfaat penggunaan produk lokal hasil dari daerah sendiri.