Enam sponsor dukung kontingen Indonesia di Olimpiade 2024

id kontingen indonesia,olimpiade,paris,2024 ,sponsor

Enam sponsor dukung kontingen Indonesia di Olimpiade 2024

CdM kontingen Indonesia Anindya Bakrie (kanan) mengibarkan Bendera Merah Putih disaksikan Menpora Dito Ariotedjo (kiri) saat pelepasan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Kontingen Indonesia mendapat dukungan dari enam sponsor di Olimpiade Paris 2024, selain dukungan dari pemerintah seperti dinyatakan Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Wijaya Noeradi. 


Sejumlah sponsor di luar pemerintah yang mendukung tim Merah Putih di Olimpiade yakni Aice, Li-Ning, LAVANI, Kings Travel, Samsung, dan ONPOINT.

"Alhamdulillah sponsor sudah ada tapi ya selalu tetap kurang. Apa pun seperti yang saya sampaikan bantuan pemerintah terbatas tidak bisa memenuhi (kebutuhan) seluruhnya jadi kami butuh dukungan lain secara komersial dari pihak-pihak lain," kata Wijaya Noeradi dalam konferensi pers di Gedung KOI, Jakarta, Kamis.

"Alhamdulillah ada perusahaan nasional atau internasional seperti Li-Ning dan lainnya yang mau bekerja sama dengan kami di dalam memastikan pengiriman dan pemulangan atlet ke ajang multievent itu bisa berjalan dengan lancar," imbuh Wijaya Noeradi.

Wijaya Noeradi menjelaskan bentuk kerja sama dengan sponsor ini bukan hanya berupa dana namun juga dalam bentuk produk seperti dengan Li-Ning yang menyuplai apparel untuk atlet maupun ONPOINT dengan produk muscle gun.

Ditanya mengenai jumlah besaran dana dalam perjanjian antara sponsor tersebut, Wijaya Noeradi mengatakan tidak dapat menyebutkan jumlah dana secara spesifik.

"Kalau dibilang terbesar, ini cukup besar karena kami punya enam sponsor ini, jadi ya bisa dibilang cukup besar dari pemasukannya. Tapi kalau yang sebelumnya agak berbeda karena memang tidak sesederhana itu kami bekerja sama dengan partner-partner lokal karena kami terikat dengan kebijakan properti intelektual dari IOC (International Olympic Comitee)," ujar Wijaya Noeradi.



Wijaya Noeradi mengatakan saat ini bantuan anggaran dari pemerintah juga masih dalam tahap proses pencairan karena akan ada kombinasi pencairan dana terkait dengan Olimpiade dan pemusatan latihan nasional (pelatnas).

"Lagi proses, kalau angkanya memang kami masih menunggu. Makannya ini sekarang pun kelihatannya pemerintah memang ada kombinasi antara pelatnas dan Olimpiade tersebut," ujar Wijaya Noeradi.

Indonesia kini menatap Olimpiade Paris 2024 dengan optimistis usai mampu mengirimkan 29 atlet yang merupakan catatan terbanyak sejak edisi Olimpiade Athena 2004.

Sebanyak 29 atlet tersebut terdiri dari 16 atlet putra dan 13 atlet putri yang berasal dari 12 cabang olahraga seperti bulu tangkis, panjat tebing, akuatik, senam, judo, panahan, dan lainnya. Olimpiade 2024 akan berlangsung di ibu kota Prancis pada 26 Juli hingga 11 Agustus.



Berikut daftar lengkap 29 atlet Indonesia yang akan tampil di Olimpiade Paris 2024:

1. Arif Dwi Pangestu (Panahan)
2. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)
3. Diananda Choirunisa (Panahan)
4. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)
5. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)
6. Fathur Gustafian (Menembak)
7. Rio Waida (Selancar Ombak)
8. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)
9. Rizki Juniansyah (Angkat Besi)
10. Memo (Dayung)
11. Bernard Benyamin van Aert (Balap Sepeda)
12. Jonatan Christie (Bulu Tangkis)
13. Anthony Sinisuka Ginting (Bulu Tangkis)
14. Gregoria Mariska Tunjung (Bulu Tangkis)
15. Fajar Alfian (Bulu Tangkis)
16. Muhammad Rian Ardianto (Bulu Tangkis)
17. Apriyani Rahayu (Bulu Tangkis)
18. Siti Fadia Silva Ramadhanti (Bulu Tangkis)
19. Rinov Rivaldy (Bulu Tangkis)
20. Pitha Haningtyas Mentari (Bulu Tangkis)
21. Nurul Akmal (Angkat Besi)
22. Raji'ah Sallsabilah (Panjat Tebing)
23. Veddriq Leonardo (Panjat Tebing)
24. Maryam March Maharani (Judo)
25. Lalu Muhammad Zohri (Atletik)
26. Rezza Octavia (Panahan)
27. Syifa Nur Afifah Kamal (Panahan)
28. Joe Aditya W. Kurniawan (Renang)
29. Azzahra Permatahani (Renang)