Pj Bupati Bartim: Imunisasi polio penting sebagai perlindungan anak

id pemkab bartim, pj bupati bartim indra gunawan, pin polio, pekan imunisasi nasional, tamiang layang, barito timur

Pj Bupati Bartim: Imunisasi polio penting sebagai perlindungan anak

Pj Bupati Bartim Indra Gunawan memberikan imunisasi polio pada anak di acara Pekan Imunisasi Nasional Polio Tahap II di Tamiang Layang, Selasa (23/7/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Indra Gunawan mengimbau para orang tua yang memiliki anak 0-7 tahun agar mengikutsertakan anaknya dalam kegiatan imunisasi polio.
 
“Imunisasi penting bagi perlindungan dari penyakit polio,” kata Indra Gunawan di acara pembukaan pekan imunisasi nasional tahap II di Tamiang Layang, Selasa.
 
Menurutnya, para orang tua perlu melek dan sadar pentingnya imunisasi bagi anak-anak usia 0-7 tahun guna mencegah penyakit polio, karena polio merupakan penyakit yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.
 
“Oleh karena itu, kesadaran orang tua dalam membawa anak-anak mereka untuk imunisasi sangatlah penting,” ujarnya.
 
Indra menginginkan program Kementerian Kesehatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Barito Timur itu tercapai, maka cakupan imunisasi di Barito Timur dapat meningkat sehingga anak-anak dapat terlindungi dari ancaman penyakit polio.

Baca juga: Kejari Bartim pastikan fokus tangani kasus dugaan korupsi pengelolaan kebun kas Desa Balawa
 
Selain itu, Indra juga mengajak seluruh elemen masyarakat, mulai dari kader posyandu, tokoh masyarakat, hingga aparat desa untuk berperan aktif dalam menyukseskan pekan imunisasi ini dan bersama-sama menjaga kesehatan anak-anak yang menjadi target imunisasi ini.
 
"Untuk mewujudkan Indonesia Emas maka dimulai dari menjaga atau menghindarkan anak-anak dari penyakit di antaranya polio. Anak-anak kita cerdas dan sehat sehingga dapat bekerja saat besar dan menjadi pemimpin pemimpin di kemudian hari," paparnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur, dr Jimmi WS Hutagalung mengatakan, PIN Polio dilaksanakan untuk mencegah atau mengendalikan anak-anak dari penyakit polio.
 
“Hari ini ada diberikan vaksin polio kepada anak-anak sebanyak 166 orang,” kata Jimmi.
 
Menurutnya, pihaknya memiliki target yakni 95 persen ke atas anak-anak di Barito Timur harus tercapai di vaksin atau imunisasi polio.
 
“Saya minta kepada para orang tua agar membawa anaknya ke posyandu maupun tempat tempat imunisasi lainya untuk diberikan vaksin polio," demikian Jimmi.

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim harapkan akselerasi dalam pembinaan dan pendampingan hukum

Baca juga: Pemkab Bartim mantapkan kesiapan sambut hari jadi kabupaten dan HUT RI

Baca juga: Pemkab Barito Timur cegah anak tidak bersekolah