Disarpustaka Kapuas serahkan bantuan 11.000 buku untuk Desa Pulau Telo

id Disarpustaka Kapuas serahkan bantuan 11 ribu buku untuk Desa Pulau Telo, kalteng, Kapuas, pendidikan

Disarpustaka Kapuas serahkan bantuan 11.000 buku untuk Desa Pulau Telo

Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hj Lisdayanti, menyerahkan bantuan 11 ribu buku beserta rak secara simbolis kepada Kepala Desa Pulau Telo, Muhammad Iwu Iyansyah, Sabtu (17/8/2024). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menyerahkan 11.000 buku dan rak untuk 11 perpustakaan desa dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi (TPBIS) tahun 2004, untuk Desa Pulau Telo, dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79.

“Ini merupakan suatu program menyukseskan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Semoga dengan program ini, bisa meningkatkan kesejahteraan dari hasil membaca di perpustakaan," ujarnya.

Bantuan ini tidak hanya sekadar simbol perayaan HUT RI, tetapi juga merupakan langkah nyata dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan akses informasi bagi masyarakat desa. Buku-buku yang diserahkan mencakup berbagai kategori, mulai dari buku pelajaran, pengetahuan umum, hingga buku cerita anak.

“Dengan demikian, koleksi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bacaan berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,” harapnya.

Baca juga: Empat desa di Kapuas terima penghargaan lomba tingkat provinsi

Penyerahan bantuan dilakukan dengan harapan bahwa masyarakat Desa Pulau Telo akan lebih terdorong untuk memanfaatkan perpustakaan desa sebagai pusat informasi dan pendidikan.

Selain itu, adanya rak buku yang memadai juga akan membantu dalam penataan dan pengelolaan koleksi buku, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses buku-buku tersebut.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten setempat ini menyampaikan, bahwa pemberian bantuan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk memperluas jangkauan literasi dan mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama di wilayah-wilayah yang masih terbatas aksesnya terhadap sumber bacaan.

Masyarakat Desa Pulau Telo menyambut baik bantuan ini dengan penuh antusiasme. Mereka berharap bahwa dengan adanya tambahan koleksi buku ini, anak-anak dan generasi muda desa akan lebih semangat belajar dan menggali ilmu pengetahuan, sehingga dapat turut serta dalam pembangunan daerah di masa depan.

Baca juga: DPMD apresiasi dua desa di Kapuas terima bantuan 11 ribu buku dan ambulans

Baca juga: Pj Bupati Kapuas tekankan pencegahan karhutla dan sukseskan pemilu saat peringatan HUT RI

Baca juga: Pemkab Kapuas gelar operasi katarak gratis ke lansia kurang mampu