Pemkab Kapuas gelar operasi katarak gratis ke lansia kurang mampu

id Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Penjabat Bupati Kapuas, Pj Bupati Kapuas, Darliansjah, Kapuas, kalteng, operasi katarak gratis di kapuas

Pemkab Kapuas gelar operasi katarak gratis ke lansia kurang mampu

Pj Bupati Kapuas, Darliansjah memberikan semangat kepada salah satu lansia yang menjadi peserta Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, bertempat di Vision Center, Jalan Jepang Kuala Kapuas, Jumat (16/8/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Bagi Lansia yang tidak mampu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024, bertempat di Vision Center, Jalan Jepang Kuala Kapuas, Jumat.

Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Darliansjah usai meninjau lokasi kegiatan di Kuala Kapuas, mengucapkan terima kasih banyak atas kehadirannya di Vision Center ini dalam rangka Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis ini,.

"Kami juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Perangkat Daerah terkait yang menyelenggarakan kegiatan ini, Saya doakan kepada bapak/ibu semua semoga cepat sehat," ucapnya.

Dikatakannya, bahwa acara operasi yang diselenggarakan ini mendapat atensi yang baik dari masyarakat Kapuas. Dan dirinya juga berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kendala.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya bagi mereka yang berada di usia lanjut dan tidak memiliki kemampuan finansial untuk mendapatkan perawatan medis yang memadai.

Para lansia yang menjadi penerima manfaat dari program ini sebelumnya telah melalui proses screening kesehatan untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat untuk menjalani operasi. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa prosedur yang dilakukan aman dan memberikan hasil yang maksimal bagi pasien.

Baca juga: Pemkab terus motivasi petani padi di Kapuas tingkatkan produksi pertanian

Katarak merupakan penyakit mata yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Kondisi ini terjadi ketika lensa mata alami yang biasanya jernih, mengeras dan menjadi keruh. Lensa yang keruh ini menghalangi cahaya masuk ke retina, sehingga penglihatan menjadi tidak jelas atau kabur. Perlu diperhatikan, penyakit ini menjadi salah satu penyebab kebutaan utama di Indonesia, khususnya orang dewasa di usia 50 tahun, sebanyak kurang lebih 80 persen.

Pemkab Kapuas berharap bahwa program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan, serta meningkatkan kesejahteraan lansia di daerah tersebut.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Lisdayanti, para Asisten Sekda Kabupaten Kapuas, Ketua DWP Kabupaten Kapuas Dr Apollonia Septedy, Kepala Dinas Sosial Kapuas Yanmarto, Kepala Dinas Kesehatan Kapuas dr Tonun Irawaty Pandjaitan, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas serta para peserta Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Bagi Lansia.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas beri penghargaan kepada guru pelaksana PSP

Baca juga: Disarpustaka Kapuas berupaya tingkatkan TGM dan IPLM

Baca juga: Peringati HUT RI, Pj Bupati anjangsana ke kediaman veteran di Kapuas