Disarpustaka Kapuas berupaya tingkatkan TGM dan IPLM

id Kadisarpustaka Kapuas ikuti Ratek bahas upaya peningkatan TGM dan IPLM, kalteng, Kapuas, pendidikan

Disarpustaka Kapuas berupaya tingkatkan TGM dan IPLM

Kadisarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat. ANTARA/HO-Disarpustaka Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, mengikuti rapat teknis secara daring yang membahas upaya peningkatan Tingkat Gemar Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis.

“Kegiatan ini diikuti seluruh Kadisarpustaka 14 kabupaten/kota Se-Kalteng,” kata Suwarno Muriyat, usai mengikuti rapat, Kamis.

Rapat teknis yang berlangsung selama dua jam sejak pukul 09.00 WIB itu menghadirkan tiga narasumber dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang dipandu oleh Firmanto dari Dispursip Provinsi Kalteng,

Rapat tersebut diikuti pula sejumlah admin kabupaten/kota se Kalteng. Kegiatan ini bertujuan mensinkronkan data yang sudah terkumpul.

“IPLM dan TGM merupakan salah satu dari Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi Disarpustaka Kapuas yang diupayakan semakin meningkat dari tahun ke tahun,” katanya.

Baca juga: Peringati HUT RI, Pj Bupati anjangsana ke kediaman veteran di Kapuas

Suwarno juga menyampaikan komitmennya untuk terus berkolaborasi dengan Perpusnas RI, Dispursip Provinsi Kalteng dan mitra Disarpustaka, Bunda Literasi dan Komunitas Literasi.

Dia juga memastikan bahwa perpustakaan di kabupaten setempat dapat menjadi pusat informasi yang inklusif, ramah bagi semua kalangan dan dapat mensejahterakan.

“Buku digital melalui aplikasi iKapuas, Spot Baca dan Pojok Baca Digital telah tersedia. Dilakukan pula kunjungan mobil perpustakaan keliling, rotasi buku yang rutin dan beragam tersedia pada pojok baca di lokasi Mitra Disarpustaka serta menerapkan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS),” terangnya.

Dalam rapat tersebut, ia juga menyampaikan beberapa langkah strategis yang telah dan akan diambil oleh Disarpustaka Kapuas. Salah satunya adalah peningkatan akses masyarakat terhadap bahan bacaan yang berkualitas melalui pengembangan perpustakaan desa dan penyediaan pojok baca di tempat-tempat strategis.

Selain itu, program literasi digital juga menjadi perhatian khusus, mengingat semakin pentingnya kemampuan literasi digital di era teknologi informasi saat ini.

Baca juga: Pj Bupati apresiasi keseriusan Erlin Hardi memajukan Kapuas

Baca juga: Dukung Agustiar Sabran, Alfian Mawardi rela mundur dari PDIP

Baca juga: Pemkab Kapuas susun DED pembangunan Pariwisata Pulau Telo