Disarpustaka Kapuas ingatkan pentingnya akreditasi perpustakaan sekolah

id Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kapuas, Disarpustaka Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kapuas, kalteng

Disarpustaka Kapuas ingatkan pentingnya akreditasi perpustakaan sekolah

Suasana sosialisasi dalam rangka akreditasi perpustakaan sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA se-Kabupaten Kapuas, Selasam (10/9/2024). ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar sosialisasi dalam rangka akreditasi perpustakaan sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA se-kabupaten setempat, Selasa.

"Pentingnya akreditasi perpustakaan sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan mutu layanan dan pengelolaan perpustakaan," kata Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, usai kegiatan.

Kegiatan ini berlangsung di rumah Betang yang berlokasi di Jalan Kartini, Kuala Kapuas, dan dibuka secara resmi oleh Kepala Disarpustaka kabupaten setempat, Suwarno Muriyat, dan dihadiri puluhan peserta sosialisasi yang diikuti oleh kepala sekolah, pustakawan, dan tenaga pengelola perpustakaan dari berbagai SMA, SMK, dan MA yang ada di Kabupaten Kapuas.

Suwarno Muriyat pun berharap melalui sosialisasi ini, sekolah-sekolah di Kabupaten Kapuas dapat lebih memahami standar-standar yang ditetapkan dalam proses akreditasi.

"Jadi perpustakaan sekolah dapat berfungsi optimal dalam mendukung kegiatan belajar mengajar," katanya.

Para peserta mendapatkan pemaparan terkait persyaratan dan kriteria akreditasi perpustakaan, serta langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai status akreditasi yang baik.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan setiap perpustakaan sekolah di Kabupaten Kapuas mampu memenuhi standar yang ditetapkan.

"Sehingga dapat memberikan kontribusi maksimal dalam meningkatkan minat baca dan kualitas pendidikan di daerah ini," harapnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten setempat ini juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berperan aktif dalam mendorong peningkatan mutu perpustakaan.

"Termasuk mengingatkan pentingnya kolaborasi antara perpustakaan dan pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi para siswa," demikian Suwarno Muriyat.

Baca juga: Pemerintah desa di Kapuas didorong optimalkan penerapan Siskeudes

Baca juga: Pemkab Kapuas evaluasi kinerja OPD untuk tingkatkan pelayanan publik

Baca juga: Pemkab Kapuas komitmen junjung tinggi netralitas ASN