108 peserta ramaikan turnamen catur Penjabat Bupati Barsel Cup 2024

id 108 peserta ramaikan turnamen catur Penjabat Bupati Barsel Cup 2024, kalteng, barsel, Barito Selatan, olahraga

108 peserta ramaikan turnamen catur Penjabat Bupati Barsel Cup 2024

Kepala Bappeda Barito Selatan, Jaya Wardana saat menyampaikan sambutan dan melangkahkan catur sebagai tanda pembukaan turnamen tersebut, di Buntok, Sabtu malam (14/9/2024). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 108 peserta yang mengikuti turnamen catur Penjabat Bupati Barito Selatan Cup 2024 dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-65 kabupaten setempat.

"Kita mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh peserta yang mengikuti turnamen ini," kata Kepala Badan Perencanaan  Pembangunan Daerah Barito Selatan, Jaya Wardana di Buntok, Sabtu malam.

Ia juga mengajak kepada peserta agar bermain dengan sportif, dan menjunjung tinggi semboyan olahraga catur yakni catur "gens una sumus" yang artinya kita satu keluarga.

Oleh karena itu, dia berharap turnamen catur ini dapat menjadi ajang silaturahim dan persaudaraan antara para pecinta catur di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Ia mengatakan, secara pribadi, dirinya juga sangat mengapresiasi dan mendukung penuh penyelenggaraan turnamen catur terbuka yang dihadiri para pecatur se-Kabupaten Barito Selatan itu.

"Saya yakin melalui turnamen catur ini akan melahirkan para juara catur yang berprestasi dan berintegritas," tutur Jaya Wardana saat membacakan sambutan Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan pada acara pembukaan turnamen yang berlangsung di aula Bappeda.

Selain itu, ia juga menyampaikan, turnamen ini merupakan bagian dari rangkaian hari jadi Barito Selatan. Pelaksanaannya melibatkan seluruh komponen masyarakat yang bersinergi dengan pemerintah kabupaten.

Baca juga: AGPAII Barsel perkuat moderasi beragama di lingkungan tenaga pendidik

"Ini dilakukan karena kita berkeinginan agar euforia perayaan hari jadi kabupaten dirasakan seluruh masyarakat Barito Selatan," kata Jaya Wardana.

Menurut dia, antusiasme seluruh masyarakat dalam rangka ikut serta memeriahkan peringatan hari jadi ke 65 Kabupaten Barito Selatan itu tercermin dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar mengikuti turnamen catur tersebut.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Barito Selatan yang memberi dukungan penuh sehingga kegiatan acara pembukaannya terlaksana dengan baik dan diharapkan berjalan dengan lancar hingga tiga hari ke depan.

"Kita berharap kepada wasit dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan se objektif mungkin dengan mengedepankan sportifitas olahraga, serta menjunjung tinggi peraturan dan ketentuan dalam olahraga catur," pintanya.

Ketua Panitia Turnamen Catur, Sadikin menyampaikan, sebanyak 108 peserta ini mengikuti beberapa kategori lomba yang dipertandingkan.

"Turnamen catur Penjabat Bupati Barito Selatan Cup 2024 ini dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 14 September hingga 16 September 2024," terangnya.

Kategori lomba dalam turnamen tersebut yakni senior putra, senior putri, under 17 putra, dan under 17 putri, sedangkan wasit dalam turnamen ini sebanyak dua orang berasal dari Percasi Barito Selatan.

Baca juga: KPU Barsel: Penetapan paslon pilkada dijadwalkan 22 September 2024

Baca juga: Pemkab Barsel gelar tabligh akbar Maulid Nabi Muhammad

Baca juga: Puluhan tenaga kerja konstruksi di Barsel ikuti sertifikasi supervisor K3