Legislator ajak masyarakat tingkatkan perekonomian melalui wisata

id Legislator ajak masyarakat tingkatkan perekonomian melalui wisata, kalteng, Palangka raya, wisata

Legislator ajak masyarakat tingkatkan perekonomian melalui wisata

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Hap Baperdu. ANTARA/Rajib Rizali

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hap Baperdu mengajak seluruh masyarakat untuk menghabiskan momen libur dengan berkunjung ke objek wisata yang ada di daerah ini.

"Karena dengan berwisata bisa membantu perekonomian masyarakat di sekitar objek wisata menjadi meningkat. Jadi ada simbiosis mutualisme yang terjadi antara pengunjung dengan masyarakat di sekitar objek wisata," katanya di Palangka Raya, Senin.

Untuk itu dirinya mengajak masyarakat agar tidak hanya berkunjung ke objek wisata, tetapi juga membeli dagangan para masyarakat yang dijajakan di sekitar objek wisata.

Dirinya meyakini bahwa dagangan yang dijual oleh masyarakat tersebut, baik kuliner maupun kerajinan tangan, memiliki kualitas yang baik serta cita rasa yang enak.

"Saya rasa justru yang menjadi salah satu ciri khasnya di suatu objek wisata itu juga adalah dagangan dari masyarakat. Karena juga banyak objek wisata yang terkenal akibat dagangan masyarakatnya," ucapnya.

Namun Hap mengharapkan kepada seluruh masyarakat yang berada di sekitar objek wisata, agar dapat berjualan dengan jujur dan sewajarnya saja.

Baca juga: GP Ansor Kalteng siap sukseskan Pilkada 2024

Jangan sampai masyarakat memanfaatkan momen pengunjung yang berkunjung ke suatu objek wisata untuk menjual dagangannya dengan harga yang mahal.

"Karena bisa saja ada oknum pedagang yang memiliki pikiran, mumpung ada pengunjung sehingga menjual dengan harga yang mahal karena besok belum tentu ada pengunjung," ujarnya.

Untuk itu agar objek wisata tidak hanya ramai pada momen-momen tertentu, pemerintah kota diharapkan dapat membantu promosi agar objek wisata selalu ramai pengunjung.

Dengan demikian, masyarakat di sekitar objek wisata bisa selalu mendapatkan penghasilan setiap harinya sehingga adanya peluang kecurangan oleh oknum pedagang bisa dicegah.

"Intinya objek wisata ini juga menjadi peluang besar untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) kita, jadi saya rasa perlu ada inovasi dan ide baru agar objek wisata ini bisa selalu ramai pengunjung," demikian Hap.

Baca juga: DPRD Palangka Raya minta pemkot segera usut kelangkaan gas elpiji 3 kilogram

Baca juga: DPRD Palangka Raya: Pelayanan jadi kunci tingkatkan pengunjung objek wisata

Baca juga: KPU Kalteng buka tanggapan masyarakat terhadap pasangan cagub-cawagub