24 desa di Gunung Mas dapat insentifdari pemerintah pusat

id 24 desa di Gunung Mas dapat insentifdari pemerintah pusat, kalteng, gumas, Gunung Mas, stunting, infrastruktur

24 desa di Gunung Mas dapat insentifdari pemerintah pusat

Kepala Bidang Pemerintahan Desa di DPMD Kabupaten Gumas Inda Setio Wahono. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Sebanyak 24 desa yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mendapat tambahan insentif desa dari pemerintah pusat, karena berkinerja baik.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gumas Yulius melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Inda Setio Wahono di Kuala Kurun, Selasa, mengatakan masing-masing desa mendapat insentif desa sekitar Rp120 juta.

“Pemberian insentif desa tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 352 tahun 2024 tentang Rincian Insentif Desa Setiap Desa Tahun Anggaran 2024,” jelasnya.

Adapun 24 desa yang mendapat insentif desa 2024 yakni Tampelas di Kecamatan Sepang, serta Tumbang Empas dan Rangan Tate di Kecamatan Mihing Raya.

Kemudian Tanjung Riu, Teluk Nyatu, Tewang Pajangan, Tumbang Tariak, Tumbang Miwan, Pilang Munduk, Penda Pilang, dan Tumbang Tambirah di Kecamatan Kurun.

Baca juga: KPU Gumas butuhkan 1.533 orang untuk jadi anggota KPPS

Sangal di Kecamatan Rungan Hulu, Tumbang Jutuh, Tumbang Malahoi, Tumbang Bunut, Parempei, Bereng Malaka, dan Karya Bhakti di Kecamatan Rungan, serta Tumbang Mantuhe di Kecamatan Manuhing Raya.

Selanjutnya Upon Batu di Kecamatan Tewah, Dandang di Kecamatan Kahayan Hulu Utara, serta Tumbang Masukih, Tumbang Lapan, dan Tumbang Koroi di Kecamatan Miri Manasa.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pengaturan terkait kebijakan penyaluran sesuai dengan ketentuan Pasal 25 Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 145 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Sedangkan kebijakan penggunaan sesuai dengan ketentuan Pasal 16 ayat (5) PMK Nomor 146 Tahun 2023 tentang Pengalokasian Dana Desa Setiap Desa, Penyaluran, dan Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2024.

Insentif desa yang diberikan bertujuan untuk memperkuat program pemerintah, seperti untuk program pemulihan ekonomi berupa penanganan kemiskinan ekstrem, ketahanan pangan, serta pencegahan stunting.

"Selain itu, dana insentif juga bisa dimanfaatkan untuk program prioritas desa, sesuai dengan potensi dan karakteristik desa penerima insentif,” demikian Inda.

Baca juga: Hadapi seleksi CPNS, DPRD Gumas minta masyarakat biasakan diri dengan teknologi

Baca juga: Jadwal 'Kalteng Bermazmur' di Gunung Mas diundur
Baca juga: Seluruh bapaslon Bupati-Wakil Bupati Gumas penuhi syarat administrasi