Mantap! Pemkab Barut Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Warga

id bupati barut, Nadalsyah, Pemkab Barut Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Mantap! Pemkab Barut Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Sekda H Jainal Abidin, Kakankemenag H Tuaini foto bersama unsur tripika Kecamatan Gunung Purei usai buka puasa bersama di Masjid Istiqamal Desa Lampeong II, Kamis. (Foto Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah selalu berupaya untuk melaksanakan program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

"Oleh karena itu saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat di daerah ini, jika selama kurun waktu empat tahun ini pelaksanaan pemerintahan, saya ada janji dan masih ada program-program yang belum terlaksana atau belum dilaksanakan dengan baik," kata Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah saat safari Ramadhan di Masjid Istiqamal Desa Lampeong II, Kecamatan Gunung Purei, Jumat.

Menurut Nadalsyah Pemkab Barito Utara tak henti hentinya selalu berusaha dan berupaya untuk melaksanakannya dan jangan ada kata berhenti untuk kesejahteraan masyarakat.

"Untuk itu saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Desa Lampeong, mengingat hampir empat tahun masa jabatan saya sebagai Bupati Barito Utara masih terdapat kekurangan maupun kelalaian dalam merencanakan pembangunan," katanya.

Pada kesempatan itu Bupati Nadalsyah mengatakan pada prinsipnya setiap tahunnya, Pemerintah Kabupaten Barito Utara selalu menyediakan anggaran dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk 93 Desa di wilayah Kabupaten Barito Utara.

"Dengan adanya rasionalisasi anggaran tahun 2016 oleh pemerintah pusat sehingga menyebabkan anggaran dana APBD yang dimiliki Pemkab Barito Utara untuk kegiatan pembangunan semakin terbatas," kata dia.

Dia mengatakan setiap tahun Pemkab barito Utara selalu berupaya mengalokasikan dana pembangunan di setiap kecamatan dan untuk kecamatan Gunung Purei tahun 2017 ini telah mengalokasikan dana di bidang kesehatan yaitu pengadaan alat kesehatan puskesmas sebesar Rp649,7 juta pengadaan obat dan BMHP (Bahan Medis Habis Pakai) puskesmas Rp165,4 juta.

Bidang fakir miskin, penanganan dan jaminan sosial dari Dinas Sosial PMD yaitu berupa empat buah program pengembangan perumahan bagi masyarakat kurang mampu.

"Di bidang keagamaan pada tahun 2017 ini, untuk Masjid Istiqamal Desa Lampeong II direncanakan mendapatkan bantuan sebesar Rp25juta," ujarnya.

Safari Ramadan hari keenam di kecamatan pedalaman yang berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara Jainal Abidin dan pejabat lainnya.