Pramuka Barito Utara Ikuti Kemah Raimuna Nasional

id Barito Utara, Kemah Raimuna Nasional, Pramuka

Pramuka Barito Utara Ikuti Kemah Raimuna Nasional

Wakil Bupati Barito Utara Ompie Herby didampingi Sekda Jainal Abidin dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka setempat Asran menyerahkan bendera pramuka kepada pimpinan rombongan dalam rangka mengikuti Raimuna Nasional XI di Cibubur Jakarta, di halaman kant

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 30 orang anggota peserta dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti perkemahan Raimuna Nasional IX pada 12-22 Agustus 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

"Kegiatan Raimuna Nasional merupakan kegiatan rutin Kwartir Nasional (Kwarnas) gerakan pramuka yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali sebagai sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi pramuka penegak dan pandega," kata Wakil Bupati Barut, Ompie Herby saat melepas peserta di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Ompie, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina dan mempererat tali persaudaraan dalam berbagai aktivitas dalam kegiatan yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif.

Hal itu mengarah kemampuan untuk mandiri dalam hidupnya dan dapat menjadi magnet kegiatan anak muda serta menjadi inspirasi dikalangan masyarakat.

Dikatakannya, gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan diluar sekolah dan diluar keluarga.

Dalam rangka pencapaian rencana strategik gerakan pramuka di Kabupaten Barito Utara khususnya bagi anggota pramuka penegak dan pandega perlu dilaksanakan kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, riang gembira dan mengandung nilai pendidikan dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem among.

"Oleh karena itulah kami berharap kepada adik-adik penegak dan pandega sebagai peserta Raimuna Nnasional tahun 2017 dan kakak-kakak pembina yang menjadi pendamping, setelah mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT/Tuhan Yang Maha Esa," katanya didampingi Sekretaris Daerah Pemkab setempat Jainal Abidin.

Disamping itu meningkatkan rasa tanggung jawab dan rasa cinta terhadap tanah air, memperkuat tali persaudaraan dan ikut serta mengembangkan jati diri bangsa, tumbuhnya jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri, memperoleh pengalaman dan keterampilan baru, serta menjadi inspirasi dan energi untuk negeri.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Barito Utara Asran mengatakan kegiatan Raimuna Nasional XI ini diikuti sebanyak 30 orang terdiri dari pramuka penegak perwakilan dari sembilan kecamatan di daerah ini dan pembina serta andalan cabang.

"Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 12-22 Agustus 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta," kata Asran yang juga anggota DPRD Barito Utara dari Partai Golkar.