Vina Panduwinata, perempuan pertama resmi daftar Pilkada Palangka Raya

id Vina Panduwinata,Pilkada Palangka Raya,PDI Perjuangan,Palangka Raya,Kalteng,Nenie A Lambung

Vina Panduwinata, perempuan pertama resmi daftar Pilkada Palangka Raya

Bakal calon kepala daerah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah sekaligus Bendahara DPC PDI Perjuangan Palangka Raya Vina Panduwinata. ANTARA/HO-lezen.id

Palangka Raya (ANTARA) - Vina Panduwinata adalah sosok perempuan pertama yang menyatakan diri resmi maju  sebagai bakal calon kepala daerah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Ketua DPC PDIP Kota Palangka Raya Nenie A Lambung di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, bahwa Vina Panduwinata yang juga Bendahara DPC PDIP Kota Palangka Raya itu, satu-satunya perempuan yang maju sebagai bakal calon kepala daerah Kota Palangka Raya.

"Sebelumnya sudah ada lima calon kepala daerah yang mendaftar ke DPC PDI Perjuangan Kota Palangka Raya dari laki-laki, namun hanya satu sosok perempuan yang ikut sebagai kontestasi di Pilkada Palangka Raya," kata Nenie.

Baca juga: Enam Bacalon Kepala Daerah 2024 telah daftar ke PDIP Palangka Raya

Nenie mengungkapkan, bagi calon kepala daerah dari perempuan ini memiliki tantangan tersendiri, sekaligus memberikan kesempatan dan ruang untuk keterwakilan perempuan dalam Pilkada 2024 khususnya di "Kota Cantik" Palangka Raya. 

Selain itu, saat dikonfirmasi bakal calon kepala daerah, Vina Panduwinata mengatakan bahwa dirinya siap lahir batin untuk maju di Pilkada Kota Palangka Raya 2024.

"Saya sudah siap lahir dan batin maju di Pilkada Kota Palangka Raya," kata Vina Panduwinata.

Baca juga: Sigit mendaftar Pilkada Kalteng lewat enam pengurus Ranting PDI-P Katingan

Menurut Vina Panduwinata, partisipasi perempuan dalam politik sangatlah penting, agar pengambilan keputusan lebih tepat sasaran dan substantif. 

Ia pun berharap, agar masyarakat jangan pernah menganggap perempuan yang berpolitik, sebagai pelengkap semata saja, namun perempuan juga memiliki hak yang sama. 

"Jangan dilihat dari perempuannya, tetapi dilihat dari tekad, niat dan militansinya," katanya. 

Baca juga: Tujuh kader berpotensi dicalonkan PDIP dalam Pilkada Kalteng 2024

Baca juga: Ketua Demokrat Kalteng mendaftar ke PDIP jadi Bacagub di Pilkada 2024


Ia berharap,PDI Perjuangan Palangka Raya sendiri memberikan dukungan kepadanya karena dirinya sendiri merupakan kader PDI Perjuangan.

Sampai saat ini, PDI Perjuangan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, telah menerima enam orang yang melakukan pendaftaran sebagai bakal calon kepala daerah untuk Kota Palangka Raya.

Enam calon kepala daerah yang sudah mendaftar di DPC PDI Perjuangan Kota Palangka Raya yakni, Sigit Widodo, Gunawan Angkat, Rahmat Hidayat, Axcel Narang, Fairid Naparin dan Vina Panduwinata. 

Baca juga: Sudah lima politisi mendaftar bakal calon Pilkada Mura melalui PDIP

Baca juga: Golkar dan PDIP Pulang Pisau tingkatkan komunikasi jelang Pilkada

Baca juga: Hadapi Pilkada 2024, Nuryakin tak hanya mendaftar sebagai Bacagub Kalteng

Baca juga: PDIP koalisasi dengan PAN usung Khofifah di Pilkada Jatim