Senin, 25 September 2017

Wilayah Barito Utara Dilanda Banjir

id Barito Utara, banjir, barut banjir
Wilayah Barito Utara Dilanda Banjir
Foto Kiri : Banjir mulai genangi wilayah Manggala Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru, Sabtu pagi. Foto Kanan : Ruas Jalan Merak Muara Teweh mulai terendam banjir, Sabtu lagi. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sejumlah desa di dataran rendah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mulai terendam banjir akibat meluapnya aliran Sungai Barito setelah hujan dengan curah yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir turun di wilayah itu.

"Saat ini banjir mulai merendam jalan kawasan tempat tinggal kami di Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru," kata seorang warga Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Irwansyah, Sabtu pagi.

Kelurahan Jambu yang terendam banjir yakni di Manggala RT 05, RT 06 dan RT 07, dengan ketinggian air berkisar 20 centimeter hingga 1 meter.

"Banjir mulai menggenang kawasan ini sejak Jumat (18/8) sore dan hingga kini air terus naik secara perlahan. Saat ini warga mulai berkemas-kemas untuk mengangkut sejumlah barang rumah tangga ke tempat yang lebih aman dari banjir musiman ini," kata Irwansyah.

Selain merendam sejumlah desa di Kecamatan Teweh Baru, banjir juga dipastikan merendam sejumlah kawasan yang berada di pinggiran Sungai Barito di antaranya Kecamatan Lahei, Teweh Tengah dan Montallat.

Sementara, berdasarkan pantauan di lapangan Sabtu pagi, untuk dalam kota Muara Teweh, sejumlah rumah dan jalan yang berada di dataran rendah juga mulai terendam banjir seperti sebagian Jalan Imam Bonjol dan Jalan Merak serta Jalan Dahlia Gang Paraguay,

"Banjir sangat cepat, kemarin malam banjir masih belum sampai jalan, namun pagi ini jalan tempat tinggal kami sudah tergenang banjir," kata warga Jalan Imam Bonjol Muara Teweh, Hamsi.

Sejumlah jalan yang terdampak banjir di Muara Teweh pada pagi ini masih bisa dilewati kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat.

Banjir diperkirakan akan terus meluas karena sejumlah desa di Kabupaten Murung Raya yang merupakan kabupaten paling pedalaman di aliran Sungai Barito ini sejak Kamis (17/8) sore dilanda banjir.

"Kalau di wilayah hulu atau di Kabupaten Murung Raya banjir, maka dipastikan wilayah Kabupaten Barito Utara yang berada di wilayah hilir atau selatan akan kena dampaknya juga dilanda banjir," katanya.

Editor: Admin Kalteng

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga