Rusia menolak, Menkeu Siprus pulang tanpa hasil

id Pengunjuk rasa meneriakkan yel-yel anti-dana talangan di luar Parlemen Siprus

 Rusia menolak, Menkeu Siprus pulang tanpa hasil

Pengunjuk rasa meneriakkan yel-yel anti-dana talangan di luar Parlemen Siprus (REUTERS/Yorgos Karahalis) Ist

Moskow (ANTARA News) - Setelah dua hari negosiasi, Menteri Keuangan Siprus Michael Sarris pulang ke negerinya setelah gagal mendapat paket bantuan keuangan dari Rusia.

Pembicaraan dengan Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov berakhir semalam tanpa kesepakatan perpanjangan utang 2,5 miliar euro (Rp31 triliun) ke negeri pulau di Laut Tengah itu, kata sumber-sumber yang tahu negosiasi utang itu seperti dikutip Reuters.

Sarris mengatakan pembicaraan itu juga mendiskusikan kemungkinan investasi Rusia dalam perbankan dan sumber energi Siprus.

Siprus memerlukan utang baru senilai 5,8 miliar euro sebelum menerima paket dana talangan Uni Eropa senilai 10 miliar euro, demi menghindari ambruknya sistem keuangan negara itu yang bisa mengantarkan krisis baru zona euro.

Selasa lalu DPR Siprus menolak proposal penaikkan pajak deposito senilai 5,8 miliar euro dengan menyebutnya sebagai "perampokan".

Juru bicara Kedutaan Besar Siprus di Moskow mengatakan bahwa Sarris telah terbang kembali ke Nicosia, sedangkan Menteri Keuangan Rusia tak berkomentar setelah sebelumnya berjanji menyampaikan pernyataan usai negosiasi utang, demikian Reuters.