Pemkab Barut Bangun Rumah Sakit Rp65 Miliar

id Pemkab Barut Bangun Rumah Sakit Rp65 Miliar, Nadalsyah

Pemkab Barut Bangun Rumah Sakit Rp65 Miliar

Bupati Barito Utara, Nadalsyah (Istimewa)

Kami berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan gedung rumah sakit yang megah dan refresentatif,"
Muara Teweh (Antara Kalteng)- Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada 2015 mulai membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) Muara Teweh senilai Rp65 miliar menggunakan kontrak tahun jamak (multiyears).

"Gedung rumah sakit yang dibangun lebih refresentatif dengan lima tingkat ini ditargetkan selesai 2017 mendatang," kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Nadalsyah, pembangunan gedung RSUD yang terletak di Jalan Yetro Sinseng Muara Teweh ini masih di lokasi yang ada sekarang atau memanfaatkan sejumlah bangunan yang lama.

Dibangunnya rumah sakit ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk membanahi RSUD apalagi tahun ini mulai menjadi Badan Layanan Umum daerah (BLUD) dan meningkatkan menjadi type B.

"Kami berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan gedung rumah sakit yang megah dan refresentatif," kata Nadalsyah.

Bupati Barito Utara itu menjelaskan implementasi perubahan kelembagaan RSUD Muara Teweh menjadi BLUD ini didasarkan atas dukungan semua pihak yang mengacu kepada visi-misi bupati selaku kepala pemerintah daerah.

Yaitu visi terwujudnya peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan menuju RSUD kebanggaan masyarakat Barito Utara.

Apalagi RSUD Muara Teweh juga merupakan salah satu rumha sakit rujukan wilayah III Kalteng yang siap melayani pasien selain dari Kabupaten Barito Utara juga Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur dan Murung Raya.

"Kita harapkan pembangunan rumah sakit ini berjalan sesuai rencana hingga selesai sesuai target yang ditatapkan," jelas Nadalsyah.

Sementara Direktur RSUD Muara Teweh, drg Dwi Agus Setijowati mengatakan, pihaknya kini terus melakukan pembenahan mulai pembangunan gedung, peningkatan pelayanan, melengkapi dokter dan lainnya.

RSUD Muara Teweh selama tahun 2014 mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) untuk Kabupaten Barito Utara sebesar Rp12,5 miliar.

"Tahun ini tidak boleh ada pungutan kepada pasien yang sudah dijaminkan kesehatannya dan kami akan berusaha memberikan pelayanan dengan senyum dan pengedalian kasir 24 jam," kata Dwi.



(T.K009/B/R021/R021)