PNS Sukamara Harus Beri Keteladanan di Kerja dan Masyarakat

id Bupati Sukamara, PNS sukamara, ahmad dirman

PNS Sukamara Harus Beri Keteladanan di Kerja dan Masyarakat

Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, H Ahmad Dirman (kiri) saat menyaksikan perwakilan PNS yang menandatangani berita acara pengambilan sumpah dan janji. (FOTO ANTARA Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng ) - Bupati Sukamara Kalimantan Tengah H Ahmad Dirman mengatakan, dalam memberikan pelayanan yang prima, pegawai negeri sipil di Pemerintah Kabupaten Sukamara harus terus meningkatkan kualitas kerja dan selalu berupaya memberikan keteladanan, baik dalam bekerja maupun dalam kehidupan di lingkungan masyarakat.

"Keteladanan seperti disiplin kerja, beribadah kepada Tuhan, penguatan moralitas bangsa, penegakan kejujuran, perwujudan etos kerja,  selain menghindari perbuatan-perbuatan yang melanggar norma hukum maupun nilai moral yang ada di masyarakat,” kata Dirman di Sukamara.

Menurutnya, gejala degradasi moralitas di tengah-tengah masyarakat dewasa ini menunjukkan adanya peningkatan, dan pemerintah sangat mengkhawatirkan karena hal ini ditandai dengan berbagai bentuk pelanggaran moralitas secara simultan dan sangat berpengaruh terhadap pola pendidikan moral yang membentuk budaya permisifisme yang membolehkan sesuatu yang dilarang dalam norma-norma agama maupun susila menjadi hal yang lazim.

"Kita selalu mendengar serta membaca di beberapa media baik di media cetak maupun elektronik, dimana digradsi moralitas di tengah masyarakat menunjukan adanya peningkatan,” ucap Dirman

Untuk meminimalkan atau menghindari terjadinya degradasi itu, pemerintah minta semua aparatur Pemerintah dapat menjadi teladan serta panutan baik dalam lingkungan pekerjaan maupun dalam menjalani hidup di tengah-tengah masyarakat.

"PNS adalah orang yang memiliki pendidikan, sehingga baik dalam bekerja maupun saat menjadi anggota masyarakat sebaiknya memberikan teladan maupun contoh yang baik kepada masyarakat. Jangan memberikan contoh yang tidak baik,” harap Dirman

Dirman juga meningatkan kepada PNS, dalam bekerja harus tulus dan ikhlas sehingga dalam memberikan pelayanan akan tercipta hubungan yang harmonis, baik sesama PNS juga terhadap masyarakat. Selain itu hubungan kerja dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing pada akhirnya akan membentuk tim yang tangguh dan mencapai hasil maksimal.

"PNS itu diibaratkan sebuah tim yang tangguh, sehingga dalam tim harus selalu saling melengkapi dan saling dukung, bukan saling menjatuhkan satu sama lain. PNS dalam bekerja saling melengkapi dan saling mendukung jangan disalahartikan, yang dimaksud tersebut bekerja yang sesuai dengan aturan maupun norma hokum yang berlaku,” tambahnya.