Festival Bedug Tarik Perhatian 1.000 Warga Kotim

id Festival Bedug Tarik Perhatian 1.000 Warga Kotim, Penonton Festival Bedug Padati Taman Kota

Festival Bedug Tarik Perhatian 1.000 Warga Kotim

Ilustrasi, Lomba Bedug (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Sampit (Antara Kalteng) - Sekitar seribu lebih warga memadati Taman Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah untuk menyaksikan Festival Bedug Kontemporer dan Gema Takbir yang menjadi agenda tahunan tiap malam hari raya Idul Fitri.

"Ini adalah tahun kelima saya menjadi panitia. Saya berterima kasih kepada pemerintah daerah selalu mendukung penuh acara ini. Antusias masyarakat dan peserta juga sangat luar biasa," kata Ketua Panitia Acara, Misyoto di Sampit, Kamis malam.

Belasan peserta dari berbagai kelompok, seperti sekolah, remaja masjid dan lainnya, ikut ambil bagian. Tidak hanya menampilkan kepiawaian menabuh bedug yang dipadu keindahan lantunan suara mengumandangkan takbir, para peserta yang mengenakan berbagai pakaian menarik, juga menyuguhkan tarian-tarian yang aktaktif.

Riuh tepuk tangan penonton bersahutan sebagai bentuk pujian terhadap pertunjukan atraksi tabuh bedug yang ditampilkan peserta. Setiap penampilan peserta yang rata-rata berjumlah lebih dari sepuluh orang, selalu menjadi perhatian penonton.

"Kami mengapresiasi semangat panitia yang terus konsisten tiap tahun. Kami juga bersyukur karena

Taman Kota ini bermanfaat untuk kita semua, seperti tempat pelaksanaan acara festival bedug malam ini," kata Bupati H Supian Hadi.

Selain Supian Hadi, juga hadir Wakil Bupati HM Taufiq Mukri, Kapolres Kotim AKBP Hendra Wirawan, Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Kav Enda M Harahap, Ketua Karang Taruna Kotim, Abdul Hafid dan pejabat lainnya. Juga tampak hadir artis Boy Hamzah, pemeran sinetron "Manusia Harimau" yang tak lain adalah menantu Taufiq Mukri.

Dalam kesempatan itu, Supian mengajak seluruh masyarakat untuk mengambil hikmah puasa selama bulan Ramadhan yang baru berlalu. Dia berharap, ibadah di bulan suci itu akan terus membekas bagi perbaikan pribadi setiap orang.

Untuk perayaan lebaran, Supian mengundang masyarakat untuk menghadiri "open house" di rumah jabatan bupati. Acara dilaksanakan dua tahap yaitu mulai pukul 08:00 WIB hingga 11:00 WIB, kemudian dilanjutkan lagi setelah salat Jumat yaitu pukul 13:00 WIB hingga 16:00 WIB.