Kalstar Tambah Jadwal Penerbangan Sampit-Banjarmasin

id Kalstar, Jadwal Penerbangan Sampit-Banjarmasin

Kalstar Tambah Jadwal Penerbangan Sampit-Banjarmasin

Maskapai penerbangan Kalstar Aviation. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - PT Kalstar Aviation menambah jadwal penerbangan Sampit-Banjarmasin karena tren jumlah penumpang yang terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

"Kebutuhannya memang meningkat, jadi perusahaan kami memutuskan menambah jadwal penerbangan," kata Kepala Kantor Kalstar Aviation Sampit, Novallino di Sampit, Senin.

Penerbangan dari Bandara Haji Asan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, selama ini hanya dibuka satu kali penerbangan tiap harinya. Namun setelah melihat permintaan yang terus meningkat, Kalstar memutuskan menambah jadwal penerbangan menjadi dua kali setiap hari.

Penambahan jadwal penerbangan Sampit-Banjarmasin menjadi dua kali sehari, rencananya dimulai 10 Desember nanti. Jadwal penerbangannya dari Bandara Haji Asan Sampit yakni pukul 10.50 WIB dan 16.30 WIB.

"Setiap kali keberangkatan itu seat (kursi) yang tersedia ada 70. Tapi kita kan berbagi jatah juga dengan Pangkalan Bun. Jadi kalau jatah 30 seat ke Banjarmasin itu selalu terisi penuh. Jadi penambahan jadwal penerbangan ini karena memang kebutuhan," kata Novallino.

Tingginya minat masyarakat menggunakan jasa penerbangan Sampit-Banjarmasin karena dinilai lebih praktis. Meski harus membayar tiket antara Rp500.000 hingga Rp800.000, masyarakat tidak keberatan karena jika menggunakan jalur darat maka harus menempuh perjalanan selama delapan jam.

Bagi masyarakat yang ada urusan mendesak, transportasi udara menjadi pilihan utama. Selain itu, masyarakat juga bisa menghemat tenaga karena penerbangan Sampit-Banjarmasin bisa ditempuh hanya dalam waktu tidak sampai satu jam.

Kalstar merupakan satu-satunya maskapai yang masih bertahan beroperasi di Bandara Haji Asan Sampit. Selain melayani rute regional Kalimantan, maskapai ini juga melayani penerbangan tujuan Jakarta, Surabaya dan Semarang.